Waspada Tuberkulosis ( 2 ) Awan Ukaya

Waspada Tuberkulosis ( 2 )

Artikel Ini adalah lanjutan dari Artikel Sebelumnya yang berjudul Waspada Tuberkulosis, Nah Subat Jika belum membaca artikel sebelumnya lebih baik baca dulu deh artikel sebelumnya.

Kuman aktif vs kuman tidak aktif

Keberadaan kuman TB memang cukup unik. Dari sekian banyak kuman yang masuk dalam tubuh, hanya 10% kuman yang hidup dan sisanya mati saat melawan sel-sel darah putih (“tentara” yang melindungi tubuh terhadap serangan benda asing dari luar). Dari kuman 10% ini, 95% di antaranya adalah kuman tidak aktiv, sementara sisanya adalah kuman aktiv. Pada kuman yang lain (bukan kuman TB), kuman yang tidak aktiv akan mati. Sementara pada kuman TB, yang tidak aktiv tidak akan mati, dan biasanya “tidur” (dormant) di paru-paru bagian atas, dimana oksigen paling banyak berada, sepanjang hidup anak.

Nah, yang menimbulkan gejala TB adalah kuman yang aktiv. Itu pun mulai masa inkubasi (masa antara masuknya kuman ke dalam tubuh hingga timbulnya gejala penyakit) antara 2-10 minggu. Biasanya ada 3 gejala yang timbul. Pertama, berat badan (BB) anak tidak naik dalam waktu 1-2 bulan. Kedua, panas tubuhnya sekitar 38-39 C dan berlangsung lebih dari 2 minggu. Ketiga, mafsu makannya menurun. Masih ada gejala lainnya, seperti batuk (biasanya “kering” dan berlangsung sepanjang hari) dan berkeringat pada malam hari. “Sekalipun nebubjukan gejela-gejala tersebut, pemeriksaan fisik ini harus di dukung oleh pemeriksaan lainnya, “kata dr. Bambang.

Nah Demikian Sobat Waspada Tuberkulosis ( 2 ) Masih ada lanjutanya sobat mengenai Waspada Tuberkulosis ini Tunggu Sobat Artikel Selanjutnya.