Tokoh Cerpen Indonesia dan Dunia Awan Ukaya

Tokoh Cerpen Indonesia dan Dunia

Tahukah kita bagaimana sejarah dari Cerita pendek (Cerpen) di Indonesia ?. Ada dua tokoh yang sangat berperan dalam memulainya, yaitu M.Kasim dan Soeman Hs. Mula-mulanya mereka menulis cerita-cerita panjang lucu, dari dari hal itu kemudian melahirkan genre Cerita pendek dalam dunia sastra bangsa kita.

Sekitar tahun 1936, karya M.Kasim mulai mewarnai Sastra Indonesia dengan karyanya yang berjudul “Teman Duduk” diterbitkan oleh Balai Pustaka. Beberapa waktu kemudian, sekitar tahun 1938,  muncul lagi karya dari Soeman Hs yang berjudul “Kawan Bergelut”. Mereka berdua sebenarnya memang belum bisa dikategorikan sebagai sastrawan yang sukses menghasilkan Cerpen berkualitas Sastra, namun mereka tetap dianggap sebagai Bapak Cerpen Indonesia.

Lantas setelah kita tahu mengenai sejarah singkat tentang Cerpen di Indonesia, tidak ada salahnya jika kita juga tahu mengenai beberapa tokoh-tokoh cerpen dunia, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Sir Walter Scott (1771 – 1832)

Merupakan pengarang kesohor yang berasal dari Inggris. Dua karyanya yang paling populer adalah Waverly(1814) dan Ivanhoe (1820)

2. Washington Irvin

Penulis terkenal Amerika Serikat pada abad 19. Dan terkenal karena Cerpenya yang berjudul ” The Legend of Sleepy Hollow dan Rip Van Winkle”

3. Alexander Sereyevuch Pushkin (1799 – 1837)

Pujangga besar Rusia abad 19 yang membawa aliran romantis, meskipun sebelumnya di Rusia berkembang aliran klasik. Awalnya dia dikenal sebagai penulis sajak narasi panjang, baru kemudian menulis lirik-lirik penek indah yang menjadi cikal bakalnya menulis Cerpen.

4. Edgar Allan Poe (1809 – 1849)

Dia adalah penyair, Cerpenis, Editor dan kritikus, selain juga merupakan salah satu pemimpin Gerakan Romantik Amerika. Dia dikenal karena karya-karya Macabre nya. Dia adalah salah satu praktisi pertama Cerpen di Amerika dan perintis karya fiktif detektif dan kriminal.


     

Leave your comment here: