Ragu Masuk Day Care Awan Ukaya

Ragu Masuk Day Care

Anak perempuan saya kini hampir 2 tahun, dan sulit dekat dengan orang lain terutama perempuan. saat usianya 1.5 tahun ia di tnggal pengasuhnya yang mengasuhnya sejak bayi. Sejak itu ia susah sekali dekat dengan perempuan kecuali saya dan ibu saya. Saya yang bekerja berniat memasukkannya ke dat care agar ia mandiri. Tetapi saya takut ia malah merasa tidak secure di sana atau memperburuk perilakunya ( suka mendorong anak perempuan yang di temuinya dan tidak mau dekat dengan perempuan dewasa maupun anak-anak ). Ada dampak pada perkembangannya jika saya memasukkannya ke day care setelah usianya 2 tahun ?

Sepertinya si kecil mempunyai kedekatan dengan pengasuhnya dulu. Kuncinya terletak pada bagaimana pola relasi yang terjalin antara si kecil dengan pengasuhnya dulu dan bagaimana sikap sosial si pengasuh dulu.

Sebenarnya, tidak ada dampak apapun jika memasukkannya ke day care setelah usia 2 tahun. namun, sepanjang anda dapat memberikan stimulasi di rumah, anak tidak perlu di masukkan ke day care. Anda juga perlu bicara dari hati ke hati dengannya, apa yang membuatnya bersikap demikian. Anda juga berhak mengutarakan keinginan atau harapan anda padanya dalam bersikap dengan orang lain. Ini juga membuat anak belajar mendengarkan perasaaan orang lain d sekitarnya.

Janganlah cepat berharap si kecil akan langsung mahir bersosialisasi. Terkadang anak dapat tampil baik hati dengan lingkungan sekitarnya namun keesokan harinya sikapnya berubah negatif. Anda tidak perlu cemas, namun tetap memberinya dukungan dengan memberinya kesempatan berlatih sosialisasi dan membekalinya dengan ketrampilan-ketrampilan sosial.