Pentingnya Periksa Dalam Awan Ukaya

Pentingnya Periksa Dalam

Untuk Setiap Ibu Hamil harus menjalani periksa dalamĀ  Untuk apa Sih ?

Dari namanya saja, anda tentu bisa menduga kalau yang di periksa adalah bagian dalam tubuh. Tepatnya, alat reproduksi yang letaknya di dalam tubuh, yakni rahim, kedua saluran telur, dan kedua indung telur. Karena pemeriksaan ini via vagina, dengan sendirinya kondisi vagina juga di periksa.

Bisakah Di ganti USG ?

Biasanya, dokter akan memasukkan jari telunjuk dan jari tengah ke dalam vagina. Umumnya, sekitar 8 – 11 cm. Ketika dokter memasukkan dua jari ke dalam vagina, tangan yang lain menekan secara perlahan perut bagian atas.

Lebih dulu, dokter akan melakukan pemeriksaan dengan spekulum, yaitu alat yang menyerupai dua buah sendok mirip paruh bebek. Alat ini membuka vagina agar mulut rahim bisa di lihat. Sebenarnya, apa sih manfaat dari periksa dalam?

– Meraba kondisi organ reproduksi dan alat kelamin bagian dalam.

– Mendeteksi adanya kelainan pada organ reproduksi dan alat kelamin bagian dalam, seperti tumor, ksta atau infeksi.

– Mengetahui apakah benar-benar terjadi kehamilan atau tidak.

Pada saat ini, sebagian data dari periksa dalam ( khususnya untuk mengetahui kondisi organ reproduksi ) bisa juga di agntikan dengan USG ( ultrasonografi ), terutama transvaginal USG. Namun begitu, pemeriksaan daerah vagina dan mulut rahim melalui spekulum tetap harus di lakukan, karena tidak bisa di gantikan oleh USG.