Pentingnya Periksa Dalam 2 Awan Ukaya

Pentingnya Periksa Dalam 2

Beberapa Kali Periksa ?

Umumnya, periksa dalam di lakukan pada wanita yang datang untuk pertama kalinya ke dokter kandungan karena merasa dirinya sudah hamil.

Nah, periksa dalam akan di lakukan lagi begitu kehamilan anda memasuki minggu ke – 36. Pada saat ini, bisa di nilai kapasitas panggul anda serta turunnya kepala atau bagian tubuh janin anda ke dalam rongga panggul. Dengan begitu, dokter bisa memperkirakan apakah kelak janin bisa melewati rongga panggul atau tidak. Normal tidaknya posisi janin pun, pada saat ini bisa di ketahui, sehingga proses keluarnya nanti bisa di prediksi. Apakah bisa lahir normal via vagina atau harus melalui operasi caesar.

Nantinya, periksa dalam akan di ulang kembali ketika persalinan tiba. Kali ini, pemeriksaan di lakukan untuk menilai pembukaan mulut rahim ( sudah sampai pembuakaan berapa ), serta sekali lagi akan di pantau turunnya bagian tumbuh janin dalam rongga panggul. Dokter juga akan melihat ada atau tidak air ketuban. ini untuk menjaga kalau – kalau ketuban sudah pecah.

Terasa Sakitkah ?

Pada dasarnya tidak menimbulkan rasa sakit. Paling-laing, anda hanya merasa tidak nyaman saja.

Karena itu, santai saja. Dalam keadaan santai saat di periksa, otot-otot tubuh akan rileks, yakni mengendur, lunak dan lenutr. Begitu ada yang kurang beres di jalan lahir, akan teraba dengan mudah. Selain itu, ketidak beresan di daerah rahim bisa pula segera terasa.

Bagaimana kalau anda tegang ? Otot-otot sekitar vagina akan berkontraksi dan mengerut. Akibatnya, sulit bagi dokter untuk meraba dan merasakan bagian dalam vagina. Anda sendiri tidak akan merasa nyaman, bahkan nyerim, selama permeriksaan berlangsung.