Nikmati Saat-saat Menyenangkan Ketika Menyusui Awan Ukaya

Nikmati Saat-saat Menyenangkan Ketika Menyusui

Meskipun terjadi secara alamiah, menyusui terkadang menjadi saat yang tidak nyaman bagi ibu dan bayi. Bagaimana agar menyusui menjadi saat yang menyenangkan ?

Selama minggu pertama setelah ibu melahirkan, kolostrum ( air susu yang keluar pertama kali ) berubah menjadi susu yang siap di minum bayi. Payudara ibu pun akan menjadi keras, penuh dengan air susu. Keadaan ini normal. Biasanya ‘kepadatan’ ini akan berkurang selama 3-5 hari.

Manfaat Pijat Payudara

Sel-sel yang memproduksi susu tersusun menjadi satu kelompok, seperti minatur rangkaian anggur. Saat menyusui, susu keluar dari sel-sel tersebut melalui saluran yang bergerak menuju puting susu. Memijat payudara setelah masa melahirkan baik untuk merelaksasi payudara dan memperlancar produksi ASI. selain itu, memijat payudara akan membantu melubrikasi dan melembutkan kulit di sekitar puting dan areola.

Saat menyusui, ibu perlu sabar melakukannya, dengan cara benar dan lingkungan yang mendukung. Keterampilan ibu dalam menyusui akan membuat saat menyusui menjadi saat yang menyenangkan bagi ibu dan bayi. Sebaliknya, menyusui akan menimbulkan truma pada ibu dan bayi karena kuatir akan timbul sakit atau memar pada payudara.

Nikmati saat-saat yang menyenangkan dan aman bersama bayi anda dengan cara yang benar dalam memberikan ASI.

Beberapa Tips Untuk memijat Payudara

Memijat

Tekan lembut dinding atas payudara. Gerakkan jari dengan gerakan memutar ke atas.

Mengusap

Usap payudara dari bagian atas dengan jadi menuju puting seperti sedang menggelitik.

Menggoyangkan

Condongkan payudara ke depan dan goyangkan agar gravitasi membantu melancarkan pengeluaran air susu.