Lupa Minum Pil KB Awan Ukaya

Lupa Minum Pil KB

Tiga bulan ini saya secara teratur minum pil KB dan belum terasa adanya gangguan. Selama ini saya selalu minum menjelang tidur, pil tersebut saya taruh di dekat tempat tidur. Namun bagaimana jika suatu ketika saya lupa meminumnya ?

Haruskah saya minum satu di pagi hari atau sekaligus dua besok malamnya ? atau mungkin ada jalan keluar lainnya ? bagaimana cara kerja pil ini ?

Nah, Salah satu kelemahan Pil KB adalah sifat pelupa si penggunanya. Padahal, pil KB harus di minum berkesinambungan dengan jadwal yang teratur. Terlambat minum beberapa kali atau malah tidak minum satu tablet saja, bisa mempengaruhi kemanjurannya. Akibatnya, kadang-kadang bisa timbul flek darah ( spotting ), atau bahkan ada yang menjadi hamil.

Pil KB berfungsi menghambat ovulasi ( pengeluaran sel telur dari indung telur ), dengan mempengaruhi hormon di dalam tubuh anda. Bila hormon dalam pil KB tidak cukup menghambat kerja hormonal di dalam tubuh, maka ovaluasi ( pengeluaran telur ) tetap terjadi dan ada kemungkinan anda menjadi hamil.

Jika anda lupa minum pil di malam hari kemudian segera minum di pagi harinya, kadar hormon yang di inginkan untuk mennghambat ovulasi mungkin masih bisa dicapai. Demikian pula bila pada malam berikutnya anda minum dua pil sekaligus. Namun, jika anda sering lupa minum pil, maka tidak dijamin kadar hormon di dalam tubuh cukup untuk menghambat kerja kelenjar ovarium dalam mengeluarkan sel telurnya.

Saran saya, bila anda memang pelupa, sebaiknya gunakan cara KB lain, misalnya IUD, atau seuami yang menggunakan Kondom. Selama ber-KB.