Habis Melahirkan 5 Bulan Sudah Hamil Lagi Awan Ukaya

Habis Melahirkan 5 Bulan Sudah Hamil Lagi

Anda di nyatakan positif hamil lagi, sementara umur si kecil belum sampai 5 bulan. Wah bagaimana ini ?

Tak perlu bingung atau panik. Anda tetap bisa kok menikmati kehamilan ini, asal segera banting stir dan mencari taktik jitu untuk menyiasatinya.

Kenali Tubuh Anda

Proses hehamilan dan kelahiran yang baru saja anda lewati, bukan hanya menyebabkan perubahan pada fisik, melainkan juga psikis. Untuk memulihkan kembali, butuh waktu yang cukup lama. Paling tidak, tubuh perlu waktu setahun agar semua sistem kembali seperti kondisi sebelum hamil.

Namun, bila anda terlanjur hamil lagi, apa yang akan terjadi pada tubuh anda ?

Rahim

oto maupun pembuluh-pembuluh darah di rahim dan sekitarnya belum berkontraksi dan kembali ke bentuk serta ukuran semula. Namun, dalam kondisi demikian, otot dan pembuluh darah rahim sudah harus siap menerima kehadiran janin baru yang mulai tumbuh dan berkembang.

Volume Cairan Tubuh

Meski belum kembali normal, volume cairan tubuh sudah harus meningkat lagi. Tak heran kalau wajah dan beberapa bagian tubuh anda agak sembab atau bengkak.

Berat Badan

Sejumlah lemak tubuh yang belum sempat “terkikis”, terpaksa bertambah lagi. akibatnya berat badan jadi berlebih.

Hormon

ada sejumlah hormon kehamilan, terutama estrogen dan progesteron, yang selama kehamilan menyebabkan pelunakan pada beberapa sendi untuk melancarkan persalinan. Belum pulihnya sendi-sendi lunak akan membuat tubuh anda bekerja ekstra keras menopang kehamilan berikutnya.

Darah

selama hamil dan persalinan, tubuh anda butuh banyak sekali darah merah. Karena itu, bukan tidak mungkin volume darah dalam tubuh anda sekarang belum seperti sediakala. Jadi, hati-hati anda bisa mengalami anemia.