Cara Bijak Mencintai Anak Awan Ukaya

Cara Bijak Mencintai Anak

Bagaimana cara anda ungkapkan cinta pada anak ? Sudah tepatkan cara itu ?

Cinta adalah masalah yang kompleks. Bila tidak kita tidak akan punya sedemikian banyak pujangga atau pengarang lagu. Dalam konteks keluarga, orang tua pastilah ingin mengekspresikan cintanya kepada anak dengan selalu berupaya membahagiakan buah hatinya. Mereka ingin selalu dapat memberi pujian dan pelakuan hangat. Melayani kebutuhan anak dan mungkin saja. Membelikan apa pun yang di minta anak. semua di lakukan atas nama cinta.

Tapi, sejauh mana ekspresi cinta itu ? Di manakah batasnya ? kapan kita tahu bahwa kita telah berlebihan mencintai anak ? ini persoalan gampang-gampang susah. Banyak orang sulit mengatakan “tidak” pada buah hati. Apalagi bila kita tahu betapa cinta itu sangat di perlukan bagi perkembangan si kecil, termasuk dalam soal kesehatan fisik.

Mencintai Dengan Cerdas

– Pahami Fase Perkembangan

Untuk anak balita, berikan pelukan dan rasa aman yang si kecil butuhkan. Ketika anak menangis karena takut, segera hampiri dan beri ketenangan. Pada anak yang lebih besar, ajak ia berkomunikasi dengan cara yang tidak membuatnya canggung atau merasa tersudutkan.

– Kenali Kebutuhan Dan Keperibadian Anak.

Bila si kecil anda tergolong ekstrovert, Anda dapat dengan mudah mengekspresikan rasa sayang dan cinta. Namun bila anak cenderung introvert, orang tua perlu mendekati tanpa membuat si kecil canggung.

– Reward Dan Punishment Yang Signifikan Dengan Situasi.

Tak perlu ragu memberi pujian, pelukan, dan ciuman pada anak, atau menetapkan hukuman yang tepat atas pelanggaran yang ia lakukan, sebagai ekspresi rasa sayang dan cinta orang tua.