Tolong Segera Jika Mimisan Awan Ukaya

Tolong Segera Jika Mimisan

Mimisan digolongkan ringan bila sumber pendarahan adalah dari bagian depan rongga hidung. Sementara mimisan yang berat terjadi bila sumbernya dari dalam atau belakang rongga hidung. Mimisan jenis ini harus lebih diwaspadai dan dicari tahu apa penyebabnya.

Sekitar 90% kasus mimisan pada anak tergolong ringan, dan dapat diatasi sendiri dirumah. Jadi, begitu anak mimisan, lakukanlah segera tindakan berikut ini :

– Minta anak duduk bersandar dengan kepala sedikit menunduk ke depan, agar darah tidak mengalir ke bagian belakang ( darah yang tertelan dapat merangsang timbulnya batuk atau rasa mual sehingga anak muntah ).

– Kalau keadaannya terlalu lemah, baringkan dengan meletakkan bantal di punggungnya.

– Jepit kedua cuping hidung dengan jari tangan selama sekitar lima menit. Sementara itu, mntalah anak untuk bernafas melalui mulut.

– Bersihlan darah yang mengotori wajahnya.

– Kompres dingin pada batang hidung juga bisa membantu menghentikan pendarahan.

– Bila pendarahan belum juga berhenti, sumbat hidungnya dengan kain kasa atau sapu tangan yang bersih, lalu bawa anak segera ke dokter. Selama dalam perjalanan, usahakan agar anak selalu berada dalam posisi duduk menyandar.

Satu hal yang perlu diingat dalam melakukan pertolongan adalah bersikap tenang. Kepanikan hanya akan membuat tindakan anda jadi tidak rasional dan merugikan si kecil.

Awas Pendarahan Berat

Bila sekitar 10 menit pendarahan masih berlanjut, apalagi disertai panas, sebaiknya segera bawa anak ke dokter. karena bisa jadi suatu indikasi suatu penyakit serius.