tips makanan bergizi Awan Ukaya

tips makanan bergizi

makanan merupakan sumber kelangsungan hidup manusia tanpa makan manusia tidak bisa hidup sampai saat ini. di samping itu memilih makanan harus hati-hati agar terhindar dari penyakit yang berbahaya.

Daftar makanan yang paling penting untuk kesehatan, dalam mencegah penyakit dan meningkatkan kesehatan. Walaupun makanan-makanan berikut termasuk terbaik, tidak berarti harus terus dikonsumsi dan makanan yang lain tidak diperlukan lagi. Yang penting juga adalah adanya variasi dari setiap makanan.

Blueberry

Buah ini memang sulit didapat disini, mengandung antioksidan yang tinggi bila dibanding dengan buah yang lain. Penelitian menunjukkan bahwa buah ini dapat mencegah penyakit jantung dan kanker, selain itu dapat membantu penglihatan pada malam hari dan memperlambat terjadinya degenerasi makula pada mata bagi mereka yang berusia lanjut. Blueberry juga mempunyai kalori yang rendah.

Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam merupakan sumber lutein dan zeaxanthin, yang membantu mencegah degenarasi makula pada mata dan lutein untuk memperlambat pertumbuhan kanker prostat. Selain itu juga sebagai sumber folat, untuk mencegah penyakit jantung dan pembekuan darah, magnesium untuk menjaga tekanan darah, dan beta karoten untuk mencegah kanker. Semakin hijau sayuran, mengandung semakin tinggi kadar beta karotennya. Yang jangan dilupakan juga adalah bahwa sayuran itu mengandung serat yang tinggi dan rendah kalori.

Kacang-kacangan

Kacang yang ‘sehat’ (bebas dari aflatoksin – penyebab kanker), mengandung lemak tak jenuh, protein, serat dan sejumlah vitamin dan mineral, termasuk vitamin E, selenium dan magnesium. Dengan mengonsumsi kacang-kacangan sedikitnya 5 porsi seminggu akan menurunkan risiko penyakit jantung hingga 32% dan risiko diabetes hingga 27%.