tips makan di hari raya Awan Ukaya

tips makan di hari raya

Saat hari raya tiba, berbagai jenis makanan akan tersaji di meja makan kita. Biasanya kita mulai khawatir karena tidak bisa menahan godaan untuk mencobanya. Sebenarnya ada banyak cara untuk mencegah kita mengonsumsi makanan yang berlebihan dan menjaga berat badan selama liburan hari raya. hal ini dapat membantu kita untuk tetap bisa menjaga berat badan meskipun banyak makanan di hari raya . berikut tipsnya :

Simpan beberapa kalori selama hari itu
Jika dalam pesta atau hari raya terdapat banyak makanan yang menggoda selera, kita sebaiknya membatasi jumlah kalori yang kita konsumsi selama hari tersebut supaya menjaga tingkat kalori tetap normal. Cobalah untuk memilih menu sayuran yang berserat, buah-buahan, salad, dan protein tidak berlemak.

Konsumsi makanan kecil sebelumnya
Jika kita tiba-tiba lapar dan mudah tergoda dengan makanan yang berlemak tinggi, sebaiknya kita mengonsumsi makanan kecil atau minum segelas besar air sebelum kita mendekati meja makan.

Melayani diri sendiri
Dengan mengambil sedikit makanan yang kita inginkan dalam piring, maka kita telah menghindari diri untuk makan dalam porsi yang banyak. Tradisi kita selama ini yang mungkin selalu dilayani oleh orang lain, cobalah untuk melakukannya sendiri.

Makan perlahan-lahan
Semakin cepat kita makan, maka akan semakin cepat pula kemungkinan kita mengonsumsi makanan yang berlebih dan akhirnya berat badanpun menjadi bertambah.

Hindari kembali ke meja makan dua kali
Jika porsi makan yang pertama sudah selesai, tunggulah beberapa menit untuk memperkirakan apakah kita masih cukup lapar untuk porsi yang ke dua. Makanan mungkin cukup enak, tetapi apakah kita perlu untuk menambah makan lagi?

Makan sedikit dessert
Di hari raya, tidak mungkin kita melewatkan untuk tidak mencoba dessert setelah makan. Sebagai penggantinya, cobalah untuk makan sepotong kue saja.

Jalan-jalan
Setelah makan besar, kita sebaiknya jangan berdiam diri saja. Ajaklah seluruh anggota keluarga untuk jalan-jalan di sekitar lingkungan rumah sekaligus untuk bersilahturahmi.

Olahraga secara teratur
Libur di hari raya biasanya merupakan waktu yang cukup padat, namun bukan berarti kita tidak punya waktu untuk berolahraga. Olahraga sangat penting terutama di saat kita tidak banyak melakukan aktivitas, namun jumlah asupan makanan tetap banyak. Coba imbangi hal tersebut dengan cara melakukan olahraga yang teratur.