Tahapan perkembangan anak Awan Ukaya

Tahapan perkembangan anak

Artikel ini mungkin cukup membantu bagi ibu muda yang masih bingung bagaimana cara merawat bayi mereka dengan baik.

Secara umum, anak memiliki tahapan-tahapan dalam perkembangannya, tahapan tersebut ialah ditentukan dengan usia mereka berikut:

Dibawah usia 12 bulan / 1 tahun

Kita sebaiknya mengamati anak kita apakah ia dapat mengeluarkan suara saat berinteraksi di lingkungan. Anak biasanya pada saat usia ini, sangat tertarik dengan suara-suara yang didengarnya dan ia akan mencoba membalas dengan bersuara tak jelas. Anda perlu waspada bila diusia ini apabila bayi anda hanya melihat namun tidak memberikan respons pada suara maka ia mungkin menderita gangguan pendengaran. Sebaiknya anda lekas pergi ke dokter.

Usia 12 sampai 15 bulan

Pada usia ini anak sudah mampumengucapkan satu atau dua patah kata dengan jelas. Biasanya kata-kata awalnya berupa kata benda. Anak usia ini juga sudah mulai dapat memahami dan menuruti perintah sederhana dari anda seperti “ambilkan mainan”.

Usia 18 sampai 24 bulan

Anak usia ini mempunyai sekitar 50 kata dalam perbendaharaan katanya dan saat ia mulai mencapai usia 2 tahun akan mulai dapat menyusun kata-kata, seperti “kakak tidur” atau “anjing lompat”. Pada usia ini, anak mulai dapat mengerti tentang konsep, seprti konsep ruang yaitu di luar, di dalam, di samping, dan sebagainya.

Usia 2 sampai 3 tahun

Umumnya anak usia ini mengalami perkembangan pesat dalam kemampuan berbicaranya. Perbendaharaan katanya sangat meningkat dan ia mulai dapat menyusun kalimat dengan 3 atau lebih kata-kata. Kemampuan pemahaman seorang anak juga akan meningkat, ia akan mulai mengerti perintah seperti “letakkan di atas meja” atau “letakkan di bawah tempat tidur”. Ia juga mulai mengerti konsep deskriptif seperti besar dan kecil dan indentifikasi warna.