susu adalah perawatan terbaik Awan Ukaya

susu adalah perawatan terbaik

Selain terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, susu juga dikenal sebagai media perawatan yang terbaik. kandungan zat aktif dalam ekstrak susu dapat mengatasi keputihan. Vagina merupakan organ reproduksi wanita yang sangat rentan terhadap infeksi. Hal itu disebabkan batas antara uretra dengan anus sangat dekat sehingga kuman penyakit seperti jamur, bakteri, parasit, maupun virus mudah masuk ke liang vagina.

Infeksi juga dapat terjadi karena terganggunya kesimbangan ekosistem di vagina. Ekosistem vagina dipengaruhi oleh dua unsur utama, yaitu hormon estrogen dan juga bakteri Lactobacillus atau bakteri baik. Estrogen berperan dalam menentukan kadar zat gula sebagai simpanan energi dalam sel tubuh (glikogen). Glikogen merupakan nutrisi bagi Lactobacillus, yang akan dimetabolisme untuk pertumbuhannya. Sisa metabolisme tersebut kemudian menghasilkan asam laktat yang menentukan suasana asam di dalam vagina, dengan pH berkisar antara 3.8-4.2. Pada tingkat keasaman ini, Lactobacillus akan subur dan bakteri patogen (bakteri jahat) akan mati.

Di dalam vagina terdapat berbagai macam bakteri, yaitu 95% Lactobacillus dan 5% bakteri patogen. Dalam kondisi ekosistem vagina yang seimbang, bakteri patogen tidak akan mengganggu. Namun bila keseimbangan itu terganggu, misalnya tingkat keasaman yang menurun, maka pertahanan alami tubuh juga akan menurun dan rentan untuk mengalami infeksi.

Infeksi yang sering terjadi pada vagina adalah keputihan, yaitu gejala penyakit yang ditandai dengan keluarnya cairan dari organ reproduksi dan bukan berupa darah. Hal penting yang harus diketahui adalah menjaga keseimbangan ekosistem vagina agar tidak terjadi infeksi. Cara yang paling mudah yaitu dengan menjaga kebersihan vagina, tapi dengan tetap mempertahankan derajat keasamannya (pH) sehingga pertumbuhan Lactobacillus dapat meningkat dan perkembangbiakan organisme patogen menjadi terhambat.

Dalam sebuah uji klinis, diungkapkan bahwa ekstrak susu terbukti bermanfaat menjaga keseimbangan ekosistem vagina. Susu mengandung zat aktif yang diekstrak menjadi asam laktat dan laktoserum yang secara klinis terbukti dapat mengurangi keluhan rasa gatal, terbakar, dan keputihan. keputihan memang sangat sensitif bagi para wanita, namun hal ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi susu setiap hari.