Si 5 Tahun Masih Ngompol ? ( Bab 2 ) Awan Ukaya

Si 5 Tahun Masih Ngompol ? ( Bab 2 )

Nah Si Post ini masih membahas dari artikel sebelumnya yang berjudul “Si 5 Tahun Masih Ngompol ?” nah buat sobat awanukaya.com yang belum membaca artikel sebelumnya bisa baca dulu deh dengan cara KLIK DISINI untuk membaca artikel sebelumnya.

Oke langsung lanjut ke artkel selanjutnya sobat.

Apakah Faktor Psikologis Ikut Mempengaruhi ?

PErubahan dalam kehidupan, seperti lingkungan baru, kelahiran adik baru, perceraian / kematian orang tua, perubahan kebiasaan ( makan, minum, tidur ). atau tekanan psikologis, misalnya sikap orang tua yang menerapkan toilet training terlalu dini, sheingga anak menjalaninya dengan perasaan terpaksa. Sikap orang tua yang terlalu mengontrol dan mengkritik juga dapat memicu kebiasaan mengompol.

Bisakah dokter menjelaskan, bagaimana mengatasi enuresis ?

Enuresis dapat diatasi dengan terapi non farmakologis ( tanpa obat-obatan ), yaitu dengan meningkatkan motivasi, perubahan dikap dan perilaku terhadap masalah yang di hadapi anak, conditioning therapy atau membiasakan anak berkemih, menggunakan alarm, dan lain-lain. Selain itu dapat juga dilakukan terapi farmakologis ( menggunakan obat-obatan ), yaitu dengan pemberian obat golongan antidepresi dan antikolinergik.

Benarkan ada hormon tertentu untuk mengobati masalah mengompol ? tolong dokter menjelaskannya.

Pada kelompok anak yang mengompil hanya saat tidur malam, bila anjuran di atas tidak mengurangi keluhan mengompol, dapat diberikan hormon vasopresin. Hormon yang bekerja di tubulus ginjal ini meningkatkan penyerapan air sehingga produksi urin berkurang. Dalam beberapa kasus, keluhan mengompol akan timbul lagi bila obat dihentikan. Oleh karena itu dianjurkan untuk mengkombinasikan terapi motivasi dan conditioning therapy