Serba Serbi Si 2 Tahun Awan Ukaya

Serba Serbi Si 2 Tahun

Anak di usia 2 tahun adalah masa-masa unik penuh ketegangan sekaligus kelucuan dan kebanggaan. Kelasakannya, dan keingintahuan yang sangat besar membuat anak usia ini dijuluki ‘the terrible two’. Padahal dengan mengenal dan memahaminya, sebutan ‘the terrific two’ lebih pantas untuknya.

Perkembangan Fisik

Bobot dan tinggi badan bertambah cepat. Proporsi kepala dan tubuhnya tak lagi 1:3 seperti di usia sebelumnya. Keterampilan gerak yang dicapai :

– Keseimbangan dan Koordinasi Meningkat.

Tak lagi mudah terjatuh, ia mampu berlari cepat, memanjat, melompat dan siap mencoba jungkir balik. Naik-turun kursi dilakukannya dengan mulus. Di sisi motorik halus, mampu memainkan benda dengan gerakan yang halus, dan jarang menjatuhkannya. Ia dapat menyusun balok-balok besar dan melepasnya kembali.

– Suka Mengupil

Sebagai awal berekperimen dengan jemari tangan. Gerak motorik halus jemarinya bisa mengambil sesuatu dari lubang hidungnya yang sempit. Tentu ia tak bermaksud jorok. Berikan saja selembar tisu atau sapu tangan agar aktivitas ini tidak sampai melukai lubang hidungnya. Ajarkan juga bahwa ngupil sebaiknya dilakukan di kamar mandi, saat ia mandi. Buktikan kata-kata anda dengan mengajak anak membersihkan rongga hidungnya sembari mandi.

– Kadang Ngompol Di Siang Hari

Karena sudah lancar bicara, seharusnya ngompol di siang hari tidak sering terjadi. Mengenali keinginan untuk buang air kecil kadang-kadang sulit untuknya sehingga ketika ia mengatakan, “Mau pipis”, urin sudah terlanjur mengucur. Atasi dengan mengajaknya pipis setiap satu jam, dan tanggap ketika ia berkata ‘Mau pup”, meski kadang-kadang batal. Tak apa, ia sedang mengenali tubuhnya.