Perawatan Rooming In Semua Bisa Awan Ukaya

Perawatan Rooming In Semua Bisa

Cara perawatan rooming in sangat memungkinkan untuk bayi yang lahir normal. Artinya, dia tidak membutuhkan perawatan intensif atau peralatan khusus untuk menunjang hidupnya. “Kenyataannya, hamper semua bayi dilahirkan dalam kondisi normal.

Bahkan bayi premature pun masih tetap bias dekat dengan ibunya. Ini berkat system perawatan kangaroo care, yaitu bayi dipeluk dengan memasukkan ke baju ibu ( atau ayah ), sehingga kulit bayi menempel kulit ibunya ( atau ayahnya ). Perisi bayi kanguru, dengan  begitu, sentuhan dan panas tubuh ayah atau ibu akan menghangatkan bayi. Berbagai penelitian membuktikan, bayi-bayi premature yang diasuh dengan cara kanguru ini lebih cepat survive.

Bayi yang lahir melalui opreasi Caesar pun bias bersama sang bunda. “apalagi, system pembiusan sekarang sudah tidak membuat pada ibu jatur tertidur lama.

ASI Pun Lancar

Menurut Dr. Tiwi, untuk ibu menyusui, rooming in akan membantu memperlancar pemberian ASI. Karena dalam tubuh ibu ini sangat berhubungan dengan emosi ibu. Jika si ibu tenang dan bahagia, karena boleh mendekap bayinya, maka hormon ini akan meningkat.

“Proses kedekatan antara ibu dan bayi barunya terjadi secara bertahap dan membutuhkan waktu, Jelas Dr. Tiwi.

Lewat rooming in, mau tak mau ibu akan belajar merawat bayi, yang secara alami dibantu oleh kondisi bayinya sendiri. Bukanlah bayi baru lahir selalu punya daya terik yang membuat siapa pun saying padanya ?

Sebaliknya, si kecil pun akan lebih cepat mengenali ibunya, lewat sentuhan, aroma tubuh, dan tentu saja ASI yang anda berikan dengan penuh cinta