Peliharaan Sesuai Pekembangan Si Kecil Awan Ukaya

Peliharaan Sesuai Pekembangan Si Kecil

Memelihara binatang dapat membantu anak mengembangkan keterampilan sosial. Tentu anda mesti memperhatikan hal berikut :

– Anak usia 3 sampai 4 tahun belum cukup matang mengendalikan dorongan agresivitas dan kemarahannya. Anak usia ini harus terus diawas saat bermain bersama binatang peliharaannya.

– Anak-anak sampai usia 10 tahun belum mampu merawat sendiri binatang besar seperti anjing dan kucing. Ada hal-hal sehubungan dengan perawatannya yang perlu bantuan orang dewasa.

– Orang tua harus mengawasi perawatan binatang meski anak sudah dapat merawat. Misalnya, memberi makan ikan pasti dapat dilakukan si kecil. namun mengaduk-aduk akuarium untuk menyayang ikan, tentu berbahaya bagi anak dan ikan-ikannya.

– Bila anak lali merawat binatang kesayangannya, orang tua harus mengambil alih.

– Anak perlu di beri pemahaman memperlakukan binatang harus dengan cara lembut. sama seperti manusia, binatang perlu makan, air dan olahraga. Mengurung binatang tanpa pernah dilepas, berarti menyiksa.

– Bila anak mulai bosan dengan binatang perliharaannya, sebaiknya binatang segera dicarikan ‘tuan’ baru. Kebosanan membuat anak menelantarkan piaraannya.

– Orang tua harus jadi role model. Anak belajar tanggung jawab merawat binatang dengan mengamati orang tuanya saat merawat binatang.

Kebanyakan anak dapat bersikap lembut terhadap binatang. Tapi ada anak yang punya kecenderungan abusive ( penyiksa ). Bila anda mendapati anak anda terus menerus menyiksa binatang peliharannya, ini pertanda ada masalah pada emosi anak. sebaiknya anda membawanya ke psikolog perkembangan untuk mendapat evaluasi yang memadai.