Payudara Bengkak Awan Ukaya

Payudara Bengkak

Belum seminggu melahirkan, tiba-tiba payudara taerasa membengkak. Jangan khawatir, ini hanya bersifat sementara.

Selama kehamilan ASI belum terbentuk. Karena, hormon prolaktin ( hormon yang merangsang ASI ) belum bekerja akibat terhambat oleh hormon esterogen yang bertugas mempertahankan kehamilan. Namun begitu bayi lahir, hormon esterogen berkurang sehingga prolaktin dapat bekerja membentuk ASI.

Kegiatan pembentukan ASI ini memerlukan peredaran darah yang lebiih banyak. Semakin banyak aliran darah yang mengalir ke payudara akan menyebabkan payudara bengkak. Selain itu, payudara juga bisa bengkak akibat produksi ASI yang banyak, tapi tidak dikeluarkan dengan benar. Karena itu, susuilah si kecil dengan benar.

Pertanda Baik

Jangan khawatir jika payudara anda bengkak. Penting diketahui, pembengkakan payudara ini sebenarnya merupakan pertanda baik, yaitu produksi ASI sedang berjalan. Kondisi ini biasanya berlangsung hanya sekitar 2-3 hari. Satu-satunya cara untuk mempercepat proses pemulihan payudara yang sedang membengkak memang dengan menyusui si kecil, bengkak pada payudara anda bisa makin memburuk. bukan cuma itu, produksi ASI pun jadi menurun.

Memang, pada saat payudara bengkak, sukar bagi bayi untuk menangkap areola-mama ( bagian seputar puting payudara ), karena keras. Itu perahlah sedikit ASI agar daerah dekat puting jadi lebih lunak, sehingga mudah ditangkap bayi.

Penyebab ASI Macet

– Bayi tidak mengisap dengan benar karena kekuatan mengisapnya kurang baik. Misalnya saja, pada bayi kurang bulan, atau bayi sakit.

– Posisi serta perlekatan bayi pada payudara ibu tidak benar.

– Bayi telah diberi minuman lain, sehingga hanya malam hari mengisap dari payudara ibu.

– Ibu menggunakan BH terlalu ketat.