Mengobati Alergi Obat Awan Ukaya

Mengobati Alergi Obat

Akibat yang ditimbulkan alergi obat bisa bervariasi. Waspadalah, terutama bagi anda yang punya bakat alergi.

Alergi obat adalah salah satu bentuk reaksi obat yang tidak diinginkan. Ada beberapa jenis obat yang dapat menimbulkan reaksi alergi, namun biasanya kelompok penisilin dan sulfa/sulfonamid. Seperti penyebabnya, gejala alergi obat juga bervariasi, dari yang ringan sampai yang berat, bahkan kadang ada yang fatal.

Anda Berbakat Alergi ?

Selain alergi, bentuk lain reaksi obat yang tidak diinginkan adalah efek samping dari obat dan keracunan. Efek Samping Obat Adalah efek tambahan dari obat yang menyertai efek utama. Efek samping ini biasanya ringan, misalnya timbul rasa mengantuk setelah minum obat anti alergi. Namun, ada kalanya efek samping obat dapat bersifat  fatal pada individu dengan kondisi tertentu, misalnya terjadi keguguran pada wanita hamil.

Sementara Keracunan Obat, Terjadi karena sifat obat, dosis yang berlebihan, atau gangguan fungsi organ tubuh. Akibatnya, dalam tubuh terjadi penumpukan obat yang dapat menimbulkan reaksi keracunan.

Berbeda dengan kedua reaksi obat yang lain, Alergi obat hanya terjadi pada orang yang mempunyai bakat alergi ( terjadi penyimpangan reaksi kekebalan tubuh ).

Alergi Obat Pada Anak

Reaksi alergi obat pada anak lebih jarang terjadi dibandingkan orang dewasa. Namun, reaksi alergi obat pada anak banyak menimbulkan masalah. Antara lain, karena gejala alergi obat mirip dengan gejala alergi akibat sebab lain, seperti alergi makanan. Disinilah pentingnya diagnosa yang tepat, agar dapat mengambil tindakan yang terbaik.