Mengasah Aspek Kemanusiaan Si Kecil Awan Ukaya

Mengasah Aspek Kemanusiaan Si Kecil

Menghargai orang lain, memahami dan menerima perbedaan adalah beberapa konsep yang penting dipelajari si kecil. Kemampuan ini melengkapinya menjadi sosok yang berperikemanusiaan.

Kondisi masyarakat belakangan ini terasa kian ‘sesak’. Di berbagai daerah di tanah air terjadi berbagai bentuk konflik antar kelompok. Akibatnya, ada kelompok masyarakat yang terdesak dan tersingkr. Belum lagi jumlah pengangguran bertambah karena terlindas krisis ekonomi, dan pengungsi meningkat lantaran menghindari daerah-daerah konflik. Situasi yang tidak menguntungkan ini, bukan tidak mungkin disadari si kecil. Setiap hari, melalui layar kaca atau pun foto-foto yang tersaji di lembar media cetak, si kecil bisa merekam suasana kacau ini di benaknya.

Dalam kehidupan sehari-hari pun, dengan mudah si kecil bertemu teman sebaya yang kurang beruntung, sedang mengamen di pusatĀ  perbelanjaan atau bahkan di bawah terikĀ  matahari di perempatan jalan. Pernahkan anda memperhatikan bagaimana reaksi buah hati anda ketika itu ? Siapkah anda menjawab saat si kecil bertanya mengapa teman sebayanya itu bernyanyi mengumpulkan uang dari orang yang lewat ? Apapun reaksi si kecil dan bagaimanasebaiknya si kecil memperlakukan orang lain? Bagaimana menanamkan konsep kemanusiaan dengan tepat agar si kecil bertndak sebagaimana mestinya kelak ?

Aspek Kemanusiaan memiliki banyak sisi, namun perkembangannya didasari empati, yaitu kemampuan mengenal, memahami situasi, perasaan dan keinginan-keinginan orang lain.

Nah Demikian Sobat Awanukaya.com semoga bermanfaat