Mendongenglah Untuk Si Kecil Awan Ukaya

Mendongenglah Untuk Si Kecil

Kapan terakhir anda mendongeng untuk si kecil ? Bagi ibu masa kini, yang semakin banyak berperan ganda sebagai ibu dan wanita karir, kegiatan mendongeng rasanya tidak lagi mudah dilakukan. Padahal, penelitian akademis menunjukkan bahwa kegiatan mendongengkan anak sebelum tidur bermanfaat bagi perkembangan psikologis mereka.

Nah berikut akan saya share mengenai Manfaat Mendongengkan Anak

MenurutS.R. Retno Pudjiati,Ahli psikologi perkembangan dari Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia, ada 3 aspek psikologis yang dikembangkan ketika orang tua mendongeng untuk anak.

– Pertama, aspek sosial-emosional. Anak belajar mengekspresikan rasa takut, bahagia, kesal atau apapun saat ia mendengarkan cerita. Jika anak mendengarkan dongeng dalam kelompok, ia belajar bertoleransi atas kesukaan anak-anak lain terhadap cerita dongeng tertentu, meski mungkin ia lebih memilih cerita dongeng yang lain.

– Kedua adalah aspek moral. Dari dongeng, anak belajar benar-salah, baik-buruk, dan norma-norma lain yang berlaku di lingkungan orang tua. Dongeng biasanya dapat menjadi media yang efektif bagi anak untuk mengoreksi diri. Karena cerita dongeng biasanya berisi tokoh-tokoh yang menggugah imajinasi si anak untuk meniru.

– Aspek psikologis ketiga adalah aspek kognitif. Saat mendengarkan dongeng, biasanya secara tidak sadar anak akan memberikan penilaian, mengambil kesimpulan, dan melakukan prediksi bagaimana akhir cerita atau apa akibat suatu perbuatan, dan sebagaianya. Selain itu, anak juga belajar berkonsentrasi agar dapat mendengarkan cerita dengan baik yang merupakan persyaratan awal belajar.

Disamping itu, menurutS.R. Retno Pudjiati, Mendongenkan anak juga akan menjalin hubungan yang lebih dekat dan hangat antara orang tua dan anak. Orang tua dapat mulai mendongeng sejak anak berusia dini, yakni sekitar 3 tahun. Karena, pada usia ini anak sudah dapat mengingat dengan baik, sehingga jalinan kasih yang ada dapat dirasakan dan selalu diingat oleh anak.

Demikian sobat awanukaya.com artikel mengenai “Mendongenglah Untuk Si Kecil” semoga bermanfaat ( Ifan21 )