Membiasakan Anak Hidup Sehat Awan Ukaya

Membiasakan Anak Hidup Sehat

Pola hidup sehat haruslah dimiliki setiap pasangan hidup yang baru mulai membina rumah tangga. Apalagi komitmen berumah tangga bertujuan punya keturunan, yaitu anak. Orang tua patut memberi contoh pada anak-anaknya mengenai hidup sehat. Dengan contoh yang baik dan benar si kecil bisa belajar lebih baik dan lebih optimal.

Untuk memulai pola hidup sehat, tentu harus dari diri sendiri, yaitu ibu, ayah serta anggota keluarga dewasa lain, lalu menurun pada anak-anak.

Bersih, bersih dan bersih

Kapan anak mulai diperkenalkan dengan pola hidup sehat ? Sejak bayi ! orang tua diharapkan menyediakan lingkungan hidup yang sehat bagi anaknya sejak ia dilahirkan. Mulai dari tempat tidurnya, pakaian yang dikenakan, peralatan untuk mandi dan makanan atau minuman yang dikonsumsi. dengan menyediakan itu semua, anak diharapkan tumbuh-kembang lebih sehat dan terhindar dari segala ancaman penyakit.

Setelah anak berusia kira-kira 6 bulan, ia mulai mengeksplorasi anggota tubuhnya, terutama tangan. Pastikan tangan si kecil bersih !. Ibu bisa membersihkan tangan anak dengan waslap. Ini pun berlaku bila si kecil mulai turun ke lantai. Selalu bersihkan tangan dan kaki anak setelah ia bermain.

Pada usia sekitar 18 bulan, si kecil dapat mulai dperkenalkan mencuci dan mengeringkan tangannya. Pada tahap awal orang tua atau pengasuh memberikan contoh bagaimana mencuci tangan yang benar. Setelah itu memberi contoh mencuci kaki, menggosok gigi, mandi, dan mencuci rambut.