Membiasakan Anak Hidup Sehat, Anak Perlu Contoh ! Awan Ukaya

Membiasakan Anak Hidup Sehat, Anak Perlu Contoh !

Anak Perlu Contoh ?

Untuk hidup sehat maka ajarilah anak untuk hidup sehat.

beberapa hal yang saya lakukan untuk menerapkan pola hidup sehat dalam keluarga saya antara lain; sepulang berpergian selalu mengganti baju, bangun pagi segera minum air putih hangat 1/2 – 1 gelas, lantas mandi untuk membersihkan segala kotoran semaksimal mungkin.

Sedangkan pada anak, sejak 4 tahun anak bisa mulai belajar mengurusi diri dan kebersihannya sendiri, seperti menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur, mandi dan cebok sendiri, memeriksa kukunya sendiri untuk kemudian melapor pada saya minta diguntingkan dan sebagainya. Tentu saja semua masih di bawah pengawasan saya.

Selain kebersihan diri, saya juga mengajarkan kebersihan makanan yang dikonsumsi, baik di rumah atau makanan jajanan. Di rumah, terutama untuk makan buah tanpa dikupas, perlu kepastian buah itu bersih dengan mencucinya terlebih dahulu.

Hindari memberi snack-snack mengandung pengawet. Untuk pemilihan makanan, biasakan anak makan dengan gizi seimbang, 4 sehat 5 sempurna, terutama mengonsumsi sayur dan buah.

Orang tua, lagi-lagi, perlu memberikan contoh dengan juga mengonsumsi makanan seperti itu. Anak yang melihat orang tuanya makan sayur dan buah, anak-anak akan termotivasi pula mengonsumsi makanan yang sama. Junkfood di restoran boleh-boleh saja disantap namun dibatasi, misalnya sekali seminggu.

Selain itu anak juga perlu contoh oorang tua dalam melakukan aktivitas lain seperti main sepeda, dan main bola. Beri anak kesempatan melakukan aktivitas tersebut bersama ibu dan ayahnya sehingga terbentuk kebersamaan keluarga dalam menunjang hidup sehat seluruh keluarga.

Sebagai orang tua kita memang harus mencermati apa yang kita lakukan. Anak mencontoh perilaku orang tuanya, termasuk juga perilaku hidup sehat.