Melatih Bayi Tidur Teratur Awan Ukaya

Melatih Bayi Tidur Teratur

Bayi anda belum juga punya ritme tidur yang teratur hingga usia 6-12 bulan ? Jangan-jangan ia mengalami sulit tidur.

Sebaiknya jangan buru-buru curiga si kecil bermasalah untuk urusan tidur. Selama tiga bulan pertama, baik bayi maupun orang tua, sedang menyesuaikan diri dalam berbagai hal, termasuk membangun pola tidur. Di usia 3 bulan biasanya bayi tidur rata-rata 5 jam di siang hari dan 10 jam di malam hari ( biasanya terputus untuk disusui ditengah-tengah tidurnya ).

Apabila setelah melewati adaptasi 3-4 bulan si kecil masih juga belum bisa menemukan ritme tidur yang teratur, bahkan hingga usia 6-12 bulan ia beberapa kali terbangun dan tidak dapat terlelap kembali, bisa dipastikan bayi anda mengalami kesulitan. Ia butuh bantuan anda.

Masalah Klasik

Bayi baru lahir butuh tidur dan istirahat 16-20 jam sehari. Kebutuhan tidur biasanya dipenuhi di malam dan siang hari. Durasi tidurnya paling lama 4-5 jam yang merupakan batas maksimal anak dapat terlelap tanpa asupan susu. Begitu, setiap bayi punya keunikan. ada bayi yang mampu tidur lelap tanpa terbangun 10 jam lebih. Ini luar biasa !

Masalah tidur yang umumnya terjadi di satu tahun pertama kehidupan anak adalah sulit tidur, terbangun di tengah tidur beberapa kali dan pola tidur, terbangun di tengah tidur beberapa kali dan pola tidur yang tidak teratur. Apabila bayi usia 2-3 bulan mengalami pola tidur tidak teratur, anda perlu melatihnya tidur dengan jadwal teratur.

Penting menerapkan ritual sebelum tidur secara konsisten. Misalnya tidak melakukan aktivitas yang terlalu bising, tentukan jarak yang cukup dengan waktu makan terakhir, dan juga melakukan ritual pengantar tidur.

Apabila masih terus berlanjut hingga bayi anda berusia 6 bulan, cobalah mengasosiasikan tidur dengan kegiatan menyenangkan. Misalnya, melengkapi tidur si kecil dengan aksesoris dan perlengkapan yang membangun rasa aman. ada bayi yang memilih tidur dengan selimut tertentu atau boneka beruang kesayangan. Demikian pula posisi tidur dan ritual pengantar tidur khusus seperti menyanyikan lagu Nina Bobo mungkin.