Manfaat Lain Dari Pisang Awan Ukaya

Manfaat Lain Dari Pisang

Tanaman pisang ternyata merupakan komoditi yang serba guna. Karena, mulai dari akar, bonggol, batang, daun, bunga sampai pada buahnya, ternyata masing-masing dapat memberikan manfaat, antara lain :

– Akar dan Bonggol Pisang

Bagian ini bisa dimanfaatkan sebagai obat kumur bagi penderita amandel, dapat mengurangi penyakit disentri, dan bisa dipakai sebagai penyubur rambut. Adapun caranya, bonggol pisang yang sudah cukup lama dibiarkan semenjak batangnya ditebang, lalu diparut dan diperas. Air perasan inilah yang digunakan untuk kumur, diminum kira-kira dua sendok makan per hari bagi pada penderita disentri, dan untuk bahan keramas bagi mereka yang menginginkan pertumbuhan rambutnya subur.

– Batang Pisang (“ares”)

Masyarakat banyak yang memakan batang pisang sebagai sayuran. Sekarang, khususnya di Pulau Jawa, sudah jarang orang menggunakan ares untuk sayuran. Namun, di daerah sekitar Toraja, batang pisang merupakan bahan pangan yang katanya tidak dapat ditinggalkan begitu saja.

– Daun Pisang

Daun pisang tidak aneh lagi di dalam dunia kuliner Indonesia, karena kehadirannya selaku pengemas bahan makanan, makanan jajanan dan lain-lain. Daun pisang pun banyak dipergunakan untuk pembungkus dalam pembuatan tempe, sehingga memerikan aroma yang lebih spesifik. Bahkan di India, sampai kini daun pisang selalu dimanfaatkan untuk alas makan alias piring, baik itu dirumah maupun di restoran khas yang menyediakan menu India.

– Bunga Pisang

Bunga pisang, yang lebih populer disebut “jantung”, sering digunakan sebagai bahan campuran sayuran, dibuat jadi pecel, gulai ataupun campuran sayur lodeh. Juga banyak yang membuatnya menjadi asinan atau acar, dan sebagai bahan baku dalam pembuatan abon yang diproduknya disebut “abon jantung pisang”.

– Buah Pisang

Buah pisang agaknya tidak perlu diungkapkan lagi manfaat maupun kegunaannya. Bahkan, tidak kurang dari 300 resep makanan bisa dibuat dengan mempergunakan buah pisang. Ini artinya, pisang merupakan bahan pantas digunakan untuk kepentingan diversifikasi pengolahan dan diversifikasi konsumsi pangan. Kulit buah pisangnya sendiri dapat dipakai untuk bahan baku pembuatan jeli serta minuman anggur, seperti halnya daging buah jambu mete atau buah anggur sendiri. Jadi, tidak hanya sekedar untuk makanan ternak.