Makanan Tepat, Ibu & Janin Sehat Awan Ukaya

Makanan Tepat, Ibu & Janin Sehat

Ada anggapan bahwa ketika sedang hamil porsi makan harus lebih banyak dari biasanya, karena ibu hamil bukan makan untuk dirinya sendiri melainkan makan untuk ‘berdua’. Memang tidak ada yang salah dengan anggapan itu, tapi sebaiknya bukan jumlah porsinya yang jadi focus. Anda harus memperhatikan pola makan yang benar selama hamil, yaitu menjaga keseimbangan zat gizi yang masuk ke dalam tubuh. Selain menjaga anda tetap sehat, juga kesempurnaan pertumbuhan dan perkembangan janin.

Setiap Tahap Berbeda

Pada Trimester pertama, tubuh anda memerlukan asam folat lebih banyak dari biasanya, yaitu sekitar 600 mcg per hari. Asam folat penting untuk menekan infeksi dan proses pembelahan sel serta pembentukan awal janin. Asam folat juga penting untuk mengurangi risiko terjadinya cacat otak dan sumsum tulang belakang pada janin.

Memasuki tahap kehamilan kedua, kalsium sangat dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang anda. Selain itu, janin mengalami pertumbuhan yang pesat, terutama tulang-tulangnya. Jika biasanya anda membutuhkan kalsium sekitar 1000 mg per hari, kini meningkat jadi 1200 mg per hari.

Di trimester akhir kehamilan, ibu hamil sering mengalami anemia ( kekurangan zat besi ). Hal ini disebabkan oleh meningkatnya volume darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh anda, termasuk janin. Pada periode ini, anda memerlukan zat besi sebanyak 800 mg per hari.

Demikian Sobat awanukaya.com semoga bermanfaat ( Ifan21 )