Lingkar Kepala Awan Ukaya

Lingkar Kepala

Sejak bayi anda lahir, sangat disarankan untuk mengukur lingkar kepalanya secara rutin setiap 1 atau 2 bulan sekali. Setidaknya sampai dia berusia 3 tahun. Pertambahan ukuran lingkar kepala normal pada bayi cukup bulan adalah 2 cm / bulan selama 3 bulan pertama. Selanjutnya pertambahannya akan melambat.

Mengukur lingkar kepala bayi menggunakan meteran kain, dilingkarkan pada bagian kepala yang paling besar. Lingkar kepala bayi perempuan umumnya antara 31-38 cm, bayi laki-laki 32-36 cm.

Perlu Waspada

Angka-angka yang diperoleh dari pengukuran rutin akan diplot di kurva pertumbuhan lingkar kepala anak. Ke tidak normalan bisa terjadi sehingga anda harus waspada.

Antara Ukuran Kepala Dan Kecerdasan

Otak sering dikaitkan dengan kecerdasan. Banyak penelitian membuktikan adanya korelasi sebab akibat antara ukuran lingkar kepala bayi dan besar otak yang tersimpan di dalamnya.

Jika ingin mengoptimalkan kecerdasan si kecil, ada factor – factor lain yang perlu diperhatikan selain besar kecilnya otak, antara lain nutrisi yang lengkap dan seimbang, serta stimulasi atau rangsang kedua belahan otak sejak bayi secara berkesinambungan.

Nah mulai saat ini kita harus selalu mengamati sobat perkembangan Lingkar kepala si kecil. Untuk memastikan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika ada sesuatu yang aneh dan meragukan anda lebih baik langsung ditanyakan kepada ahlinya.

Jangan ragu untuk pergi ke dokter spesialis, jangan sampai terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.