Kehamilan & Kalsium Awan Ukaya

Kehamilan & Kalsium

Zat kapur atau kalsium sangat penting pada masa kehamilan. Sebab itu ibu hamil membutuhkan tambahan minimal 400 mg setiap harinya. Anda ingin tahu mengapa demikian ?

Kehamilan merupakan masa yang penting. Kualitas anak sangat ditentukan kondisi ibu pada masa ini. Padahal, ancaman gangguan kesehatan ibu hamil justru sangat tinggi akibat adanya berbagai perubahan dalam tubuh. Tak heran bila para ahli medis menegaskan, hanya ibu sehat yang dapat menghasilkan bayi sehat.

Kesehatan ibu pada dasarnya ditunjang oleh banyak hal. Seperti kondisi emosi yang nyaman alias tidak stress, fisik yang tidak terlalu lelah, cukup istirahat dan .. cukup gizi ! Khusus masalah gizi, yang berkaitan dengan asupan makanan, perlu lebih diperhatikan karena seringkali tanpa sengaja, terabaikan.

Pada kehamilan triwulan pertama, misalnya, perasaan mual yang menyerang, menyebabkan selera makan ibu hamil terganggu. Demikian juga pada triwulan kedua. sekalipun selera makan sudah membaik, ada kecenderungan ibu makan banyak, tetapi terbatas pada jumlahnya saja. Gizi seimbang, nyaris terlupakan. Lalu pada triwulan terakhir, karena takut kegemukan, takut bayinya terlalu besar, serta perasaan sesak akibat perut semakin besar, secara tak sadar juga mematikan selera makan.

Akibatnya, asupan makanan menjadi tidak seimbang. Hal ini tentunya sangat berbahaya, baik bagi kesehatan ibu sendiri maupun terhadap tumbuh-kembang bayi dalam kandungan. Secara umum, agar ibu dan bayi sehat, ibu hamil membutuhkan minimal 2.800-3000 kalori per hari. Lima belas persen lebih banyak daripada biasa, karena ibu memerlukan energi tambahan untuk pembuatan jaringan baru seperti jaringan rahim dan payudara.

nah Kita sambung lagi di post berikutnya sobat awanukaya.com buat yang mau melanjutkan membaca Artikel ini KLIK DISINI untuk artikel selanjutnya.