Kecerdasan Moral Awan Ukaya

Kecerdasan Moral

Apakah yang terjadi bila setiap orang di dunia ini hanya mementingkan dirinya sendiri ? Bagaimana bila seorang pemimpin menaruh kepentingan dirinya di atas kepentingan masyarakat ? Pertanyaan pertanyaan di atas merupakan dasar dari Moral Intelligence karangan Robert Coles ( 1997 ). Pertanyaan ini pulalah yang perlu ada di benak setiap orang tua untuk dapat memahami pentingnya pengembangan keserdasan moral pada anak-anak mereka.

Mengamati berbagai perilaku pemimpin dan orang-orang yang mempunyai kesempatan untuk memimpin lingkungannya, Coles bersama rekannya”menemukan” berbagai perilaku yang membangun lingkungan. Perilaku dan sikap yang membangun lingkungan untuk kepentingan bersama disebutnya sebagai kecerdasan moral, berisi nilai-nilai yang telah tertanam dalam sanubarinya, maka seseorang bisa menemukan peran untuk memperbaiki kehidupan ini demi kepentingan bersama. Dasar dari teori kecerdasan ini adalah kesadaran bahwa semua yang berada di dunia ini perlu dijaga dengan baik dan dipergunakan untuk kepentingan bersama. Dengan penjabaran di atas, lepas dari ajaran agama yang selalu memuat nilai-nilai semacam, siapakah yang bisa mengatakan bahwa kecerdasan moral tidak penting untuk dikembangkan pada seorang anak-anak.

Teori kecerdasan Moral merupakan salah satu dari berbagai teori kecerdasan lain yang banyak dibicarakan di dunia pendidikan saat ini.

Beberapa teori kecerdasan lain, di antaranya adalah teori Kecerdasan Jamak ( Gardner 1983 ) serta kecerdasan Emosi ( Goleman, 1995 ).

Berbagai kecerdasan ini sangat penting dan akan saling melengkapi kehidupan anak di masa depannya. Kehidupan anak-anak di masa mendatang akan semakin kompleks mengingat keterbatasan sumber daya alam di bumi ini sementara jumlah populasi manusia semakin banyak. untuk itu persiapan orang tua dalam memahami dan mempersiapkan masa depan anak menjadi sangat penting. Satu di antara beragam persiapan adalah dengan mengembangkan berbagai potensi anak, antara lain kecerdasan moral mereka.

Demikain sobat awanukaya.com mengenai artikel berjudul “Kecerdasan Moral” Semoga bermanfaat ( Ifan21 )