jeruk mengandung vitamin C Awan Ukaya

jeruk mengandung vitamin C

Jeruk memang sangatlah segar untuk di konsumsi apa lagi pada saat musim panas, menikmati buah jeruk dapat mengembalikan aktifitas tubuh di saat lelah bekerja, jeruk memang buah yang banyak mengandung vitamin c. hal ini buah jeruk sngat dminati banyak orang.

Boleh dibilang jeruk adalah buah yang kaya akan kandungan vitamin C.  Sebuah jeruk manis mengandung 70 mg vitamin C, hampir 117 % dari jumlah asupan yang disarankan.

Vitamin C bertugas mengontrol sekaligus menekan terbentuknya radikal bebas dan ampuh melawan gejala flu.  Juga membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan, terutama saat datang bulan.  Oleh karenanya, bagi wanita yang sedang mengalami haid disarankan banyak-banyak menyantap jeruk, sebab saat haid sejumlah zat besi dalam darah berkurang.
Vitamin ini juga merangsang pembentukan kolagen jaringan merangsang pertumbuhan jaringan baru.  Sangat mempercepat proses penyembuhan luka karena teriris.

Selain vitamin C, jeruk pada umumnya juga mengandung senyawa tambahan yang tak kalah menarik yaitu limonin, limonin glukosit, limonen, dan hesperidin.  Senyawa ini berfungsi mencegah perubahan sel menjadi kanker.  Limonen juga ikut meningkatkan aktifitas protein yang membantu menghambat pembentukan estradiol, hormon yang berkaitan dengan terjadinya kanker payudara.  Limonen juga berjasa dalam memperbanyak enzim dalam hati ( liver ) yang bertugas membersihkan bahan kimia penyebab kanker. Jadi, dengan menyantap 1-2 buah jeruk sehari Anda akan jauh dari resiko kanker dan berbagai penyakit lainnya.