Gerak Bayi Usia 7-12 Bulan Awan Ukaya

Gerak Bayi Usia 7-12 Bulan

– Sit Up.

Letakkan bayi pada posisi telentang. Tarik kedua tangannya hingga ia duduk. Dorong perlahan kembali tubuhnya pada posisi telentang, kemudian tarik kembali hingga pada posisi duduk.

– Merangkak

Merangkak dengan telapak tangan dan lutut sebagai tumpuan, semakin mahir dilakukan saat anak berusia 9 bulan. Gerakan merangkak berkaitan dengan bagian otak yang berhubungan dengan konsentrasi, membaca, menulis, dan matematika.

– Merambat, Berdiri dan Berjalan.

Sama seperti berguling dan merangkak, aktivitas ini akan mengantar glukosa dan aliran darah ke otak, yang berarti meningkatkan koneksi antar saraf.Gerakan-gerakan ini juga meningkatkan kemampuan anak melihat benda-benda secara vertikal. Koordinasi mata menangkap benda pada posisi vertikal dan horizontal merupakan ketrampilan penting sebagai landasan membaca dan menulis. Biarkan bayi merangkak ke segala arah. Biarkan pula ia meraih benda-benda untuk menjadi topangannya dalam usahanya berdiri dan berjalan.

Asal tahu saja, bila bayi tidak punya kesempatan berguling, merayap, merangkak, bergoyang, berputar, meregangkan otot, memusatkan perhatian dan berbagai gerakan lain semacam itu, maka akan terjadi ‘gap’ dalam perkembangan selanjutnya. Tahap-tahap perkembangan yang diabaikan atau tidak dirangsang, dapat menghambat dan menyulitkan anak belajar. Anda dapat menyiapkan kegiatan yang bisa anda lakukan bersama si kecil untuk meningkatkan perkembangan otaknya, yaitu aktivitas yang menghasilkan gerak tubuh, misalnya menari bersama bayi. selain menyenangkan, menari juga mengaktifkan dan merangsang pertumbuhan otak bayi.