Fakta Seputar Telur Awan Ukaya

Fakta Seputar Telur

Buang kekhawatiran mengonsumsi telur. Si bulat ini sarat khasiat, termasuk untuk ibu hamil dan anak-anak.

Tak cuma padat gizi, telur adalah sumber makanan yang mudah didapat, muda diolah, dicerna dan lezat rasanya. Apalagi, harganya pun sangat terjangkau lalu, mengapa masih juga banyak orang yang menghindari telur ? Apakah mereka khawatir dengan kandungan kolesterolnya ? Yuk, cari tahu faktanya seputar terlu bersama awanukaya.com.

Tertinggi Setelah ASI

Telur mengandung hampir semua asam amino ( senyawa pembentuk protein ) dengan jumlah dan komposisi yang seimbang untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan protein. Tubuh memerlukan protein, antara lain, untuk pertumbuhan dan mepeliharaan otot serta jaringan tubuh lainnya, seperti saraf, pembuluh darah, tulang dan jantung. Jadi boleh dibilang, setelah ASI ( air susu ibu ), telur merupakan sumber protein tertinggi yang dikenal selama ini.

Fakta yang lain, usus manusia juga dapat menyerap 97% protein telur dalam bentuk asam amino. Sementara asupan protein dari bahan makanan hewani lain seperti daging, sekalipun dapat menambah massa tulang, namun tidak mudah dicerna tubuh seperti protein telur. jadi, tak heran kalau protein telur dapat memenuhi kebutuhan asam amino dalam jumlah yang dibutuhkan untuk fungsi tubuh normal.

Telur bahkan dianjurkan untuk dikonsumsi terutama oleh wanita lanjut usia untuk pemeliharaan kesehatannya. Mengapa ? Protein telur diduga dapat meningkatkan massa tulang. Seperti diketahui, wnaita lanjut usia cenderung mudah mengalami osteoporosis ( pengeroposan tulang ).