Fakta Seputar Telur & Telur Rekayasa Awan Ukaya

Fakta Seputar Telur & Telur Rekayasa

Walaupun masih meragukan soal kolesterol ( selama ini tingginya kolesterol selalu dihubungkan orang dengan penyakit jantung koroner ), sekarang sudah ada telur hasil rekayasa. Telur jenis ini mengandung banyak vitamin E dan asam lemak tak jenuh ganda dengan mengonsumsi telur rekayasa, diharapkan tingkat kolesterol orang yang bersangkutan akan turun.

Telur Rekayasa

kini, telur rekayasa sudah banyak tersedia di pasaran. Sebenarnya, telur rekayasa ini adalah telur ayam yang dihasilkan oleh ayam-ayam yang diberi pakan biji-bijian dan minyak nabati, serta penambahan vitamn E. Dengan demikian, telur ini kaya akan dua macam asam lemak esensial ( yang tak dapat dibuat oleh tubuh kita ), yaitu Omega-3 dan Omega-6.

* Omega-3,Khasiatnya :

– Mengurangi kandungan kolesterol

– Mengurangi rangsangan penggumpalan butir-butir darah merah dan mengurangi tekanan darah tinggi.

– Mencegah berbagai proses pengerasan pada pembuluh darah.

– Mengurangi risiko penyakit jantung.

– Diduga dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Selain itu, pada balita, omega-3 diperlukan untuk memacu pertumbuhan otak. Sementara pada orang dewasa, omega-3 diperlukan untuk memacu kerja otak, indera penglihatan, dan fungsi kelenjar-kelenjar hormon.

* Omega-6

Hasiatnya mirip dengan omega-3, tetap proses kerja omega-6 akan terganggu bila kita terkena stres, terlalu banyak makan makanan mengandung asam lemak tak jenuh ( seperti kacang, biji-bijian, jagung, zaitun, dan ikan ), alkohol, obat-obatan, serta kekurangan vitamn B dan C