Cara memberi makan bayi Awan Ukaya

Cara memberi makan bayi

Menyuapi atau memberi makan bayi terasa “gampang-gampang susah” bagi ibu muda. Mereka biasanya bingung tentang cara ataupun proses memberi makan bayi. Proses menyuapi bayi haruslah disesuaikan dengan usia bayi, waktu yang paling baik bisa mulai dilakukan saat bayi berusia enam bulan. Agar bayi tidak bingung dan terbiasa, tetapkan jadwal makan. Usahakan agar waktu makan bayi sama setiap harinya, agar dapat mencegah bayi mengalami kesulitan makan nantinya.

Proses mengunyah makanan ini sangat diperlukan bayi untuk melatih lidah dan mulutnya dalam proses belajar berbicara.

Beberapa langkah yang dapat Ibu lakukan saat memberi makan bayi:

  1. Ibu, duduklah di hadapan Si Kecil saat menyuapi. Pandang matanya, ajak bayi bicara, dan yakinkan bahwa ia sudah siap untuk diberi makan.
  2. Jangan biasakan meletakkan mainan di dekat tempat makan. Hindari menyuapinya di depan televisi. Tindakan-tindakan seperti itu dapat mengganggu konsentrasi makannya.
  3. Mulailah menyuapinya sedikit demi sedikit. Gunakan sendok kecil yang berujung pipih. Suapi seujung sendok terlebih dahulu. Jika bayi mulai terlihat terampil, tambahkan sedikit demi sedikit.
  4. Letakkan sedikit makanan di ujung sendok, dan masukkan makanan sampai kira-kira menyentuh bagian tengah langit-langit mulutnya. Biasanya, bayi akan mengatupkan mulutnya dan lengsung menelan.
  5. Ibu, siapkan air putih utuk diminum. Setelah makan biasanya bayi langsung ingin minum.
  6. Hindari memaksa bayi menghabiskan makanannya. Jangan khawatir, dengan perutnya yang kecil biasanya anak berusia satu tahun hanya membutuhkan kurang lebih satu sendok makan penuh untuk satu waktu makan.