Bolehkah si Kecil Menonton Tv Atau Tidak ? Awan Ukaya

Bolehkah si Kecil Menonton Tv Atau Tidak ?

Jika anda kewalahan menghadapi kebiasaan anak yang berlebihan menonton Televisi, dan ingin merubah kebiasaannya, cobalah berdialog dengan anak. Milton Chen, Ph.D, Pakar Ilmu Komunikasi dan Direktur Pusat Pendidikan dan Pembelajaran di San Fransisco, Amerika Serikat, mengajurkan diet televisi bagi keluarga. Berikut beberapa tips bagaimana menggunakan televisi secara bijak yang ditulis Chen dalam bukunya The Smart Parent’s Guide to Kids ‘ TV.

– Mengubah Pola

Sebelum menonton televisi, mintalah anak-anak mengatakan pada anda seperti jika mereka hendak pergi atau bermain di luar rumah. Hal iini perlu dilakukan untuk membuat pola baru dalam memandang acara menonton televisi hanya sebagai salah satu plihan disamping berbagai pilihan kegiatan lain.

– Menjawab Dengan Pertanyaan

Hindari memberikan jawaban “ya” dan “tidak”. Mintalah infromasi lebih lanjut tentang apa yang ingin anak tonton, apa isi acara pilihannya. Atau, tawarkanlah ia menonton VCD atau film tertentu, maupun melakukan hal lain selain menonton TV. Tindakan iini untuk menekankan pada anak agar menyadari apa yang ditontonnya dan mengapa ia memilih menonton suatu acara tertentu. ini dilakukan, lagi-lagi, untuk mengubah pola pikir anak agar ia menjadikan menonton televisi hanya sebagai satu pilihan kegiatan.

– Tanyakanlah pertanyaan yang sama pada diri anda

Kegiatan apa yang lebih baik dilakukan anak-anak daripada menonton televisi ? Bisakah anda memotivasi mereka untuk tidak menyalakan televisi dan melakukan hal lain ? ini tentu untuk mengurangi ketergantungan anak pada televisi sebagai satu-satunya kegiatan pengisi waktu.

– Mulailah dengan aktivitas lain

Gunakan satu waktu untuk melakukan kegiatan yang terencana bersama anak-anak. Anda bisa mengajak mereka memilih buku atau mainan, Misalnya.