Bagaimana Mengenali Kemungkinan Alergi Makanan Pada Bayi ? Awan Ukaya

Bagaimana Mengenali Kemungkinan Alergi Makanan Pada Bayi ?

Pengenalan jenis makanan pada bayi hendaknya dilakukan secara bertahap. Anda harus dengan sabar dan berhati-hati memperkenalkan berbagai jenis makanan. Selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, dalam memberikan makanan, anda harus memperhatikan kemungkinan terjadinya reaksi alergi makanan tertentu pada bayi anda. Untuk itu ibu hendaknya memperhatikan beberapa hal berikut :

– Untuk mengenali kemungkinan alergi makanan, perkenalkan bayi anda terhadap satu jenis bahan makanan saja dalam kurun waktu tertentu. Reaksi alergi umumnya akan timbul setelah 10 kali pemberian. Misalnya, untuk memperkenalkan bubur nasi, berikan bubur nasi saja dalam jumlah sesuai kemampuan bayi selama beberapa hari berturut-turut ( 3-5 hari ).

– Bila terjadi reaksi alergi ( kulit kemerahan, sakit perut, diare, atau gangguan pernafasan ) segera hentikan pemberian jenis makanan tersebut. Setelah 2 bulan kemudian anda dapat mencoba memberikannya kembali, karena umumnya reaksi pada bayi dapat hilang sejalan dengan pertumbuhan bayi.

– Pertama kali perkenalkan makanan yang rasanya lebih tidak manis terlebih dahulu sebelum memberikan makanan yang manis agar bayi anda tidak menolak makanan yang rasanya kurang manis. Maka, sayuran sebaiknya diberikan sebelum bayi anda mengenal rasa buah-buahan.

Berikut sobat awanukaya.com saya akan memberikan Info  beberapa Jenis makanan yang sering menyebabkan alergi.

Nah Jenis Makanan Yang Sering Menyebabkan Alergi Adalah :

1. Telur

2. Susu

3. Kedele

4. Gandum

5. Coklat

6. Kacang Tanah

7. Ikan

8. Udang

Demikian Sobat Awanukaya.com sedikit mengenai artikel Berjudul “Bagaimana Mengenali Kemungkinan Alergi Makanan Pada Bayi ?” Semoga bermanfaat bagi kita semuanya ( Ifan21 )