Ayo dukung anak dalam proses belajar Awan Ukaya

Ayo dukung anak dalam proses belajar

Pada dasarnya anak memiliki kemampuan yang sangat luar biasa bila dibandingkan dengan orang dewasa. Mengapa? hal ini karena indera yang dimiliki anak masih sempurna dibanding orang dewasa. Demikian pula otak mereka. Otak mereka sangatlah bebas dan tidak terbebani oleh pikiran-pikiran tentang kehidupan bila dibandingkan dengan manusia dewasa, yang harus memikirkan pekerjaan, hutang , kewajiban lainnya. Itulah sebabnya, waktu terbaik manusia dalam belajar adalah saat mereka masih kecil. Ya, bila kita menjadi orangtua, jangan sampai melarang anak anda melakukan “ini” atau “itu”. Hal ini dapat menghambat proses belajar anak anda

Mungkin Anda melihat bahwa anak Anda memiliki semangat belajar yang luar biasa. Misalnya, ketika ia berusaha membuka bajunya sendiri, mencoret-coret kertas, atau ketika ia memperhatikan sebuah buku dengan penuh minat. Hal-hal itu merupakan bagian dari proses belajar anak Anda.

Karena itu, perlu dukungan penuh dari orang tua agar waktu-waktu emas ini dapat digunakan seoptimal mungkin. Hal ini, tak hanya dapat dilakukan oleh lembaga pra-sekolah saja, tapi bisa Anda lakukan di rumah. Contoh dukungan orang tua di rumah, yaitu:

  1. Memberi mainan yang bersifat edukatif. Misalnya, permainan balok atau mainan lain yang bersifat konstruktif.
  2. Merangsang minat baca dengan sering membacakan buku cerita bergambar menarik.
  3. Mendorong minat tulisnya dengan menyediakan alat tulis dan kertas.
  4. Merangsang anak untuk belajar dengan memberikan pertanyaan secara aktif ketika sedang dalam suatu perjalanan.
  5. Ajak si kecil belajar mandiri.
  6. Memberi kesempatan padanya untuk belajar bersosialisasi.