ASI tetap yang terbaik Awan Ukaya

ASI tetap yang terbaik

Pemberian ASI memang makanan yang terbaik bagi bayi, karena itu ASI sangatlah penting bila diberikan kepada bayi sejak lahir hingga umur 2 tahun. bagi ibu merasa senang dan bangga bisa terpenuhi kebutuhannya, dalam hal ini tak perli di kawatirkan bila ibu tidak mungkin terserang penyakit diabetes.

Tak perlu diragukan lagi pemberian ASI memang banyak memberikan manfaat, tidak hanya bagi pertumbuhan dan kesehatan bayi, namun juga bagi ibu yang menyusui. Salah satu manfaaat pemberian ASI adalah melindungi bayi dari gangguan diabetes. Bahkan sebuah penelitian terbaru menunjukkan efek yang sama tersebut juga berlaku bagi ibunya.

Dalam penelitian tersebut terlihat bahwa ibu yang lebih lama memberikan ASI pada bayinya akan memiliki risiko lebih rendah untuk mengidap diabetes. Meskipun penelitian tersebut masih jauh dari hasil kesimpulan, namun para peneliti meyakini bahwa pemberian ASI dapat mengubah metabolisme pada ibu menyusui. Perubahan metabolisme tersebut diketahui dapat membantu menjaga tingkat gula darah tetap stabil dan menjadikan tubuh lebih sensitif terhadap hormon yang mengatur gula darah (yaitu hormon insulin).

Teori itu sebenarnya didasari melalui percobaan pada tikus dan manusia yang menunjukkan bahwa ibu menyusui memiliki tingkat gula darah yang lebih rendah dibandingkan ibu yang tidak memberikan ASI. Penelitian tersebut juga pernah diterbitkan dalam Journal of the American Medical, yang melibatkan sekitar 157.000 ibu menyusui. Para ibu kemudian diberikan kuisioner secara periodik dan dilanjutkan selama sekitar 12 tahun. Selama penelitian tersebut, diketahui sebanyak 6.277 peserta mengidap diabetes tipe 2.

Wanita yang memberikan ASI sedikitnya selama satu tahun ternyata 15% lebih kecil kemungkinannya untuk mengidap diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang tidak memberikan ASI. Perlu diketahui, untuk setiap penambahan satu tahun pemberian ASI ternyata terjadi penambahan penurunan risiko diabetes sekitar 15%.