ASI Menyusut Dan Bayi Sering Sakit Awan Ukaya

ASI Menyusut Dan Bayi Sering Sakit

Berikut sobat awanukaya.com tanya jawab antara Dokter dan Clientnya yang saya rangkum untuk pengetahuan sobat awanukaya.com agar lebih pandai dalam urusan Si Kecil dan cara perawatan dll.

ASI Menyusut ?

Di usia bayi 10 bulan, mengapa ASI saya makin sedikit ? Padahal saya makan 3 kali sehari dengan porsi yang cukup, minum susu khusus untuk menyusui dan banyak makan daun katuk.

Jawaban :

ASI berkurang karena bayi agak jarang menyusus akibat sudah diberikan makanan pendamping ASI ( MP-ASI ). Sampai usia 6 bulan, ASI masih merupakan makanan tunggal. Pada bayi 6-12 bulan, ASI masih merupakan makanan utama ( memenuhi sampai sekitar 70% kebutuhan bayi ). Jadi, ASI tetap diberikan namun ditambah MP-ASI. Makanan pendamping ASI tersebut bukan menjadi makanan pengganti ASI.

Bayi Sering Sakit ?

Bayi saya ( 5 bulan ) masih mendapat ASI eksklusif. Tetapi mengapa dia masih sering batuk pilek ? Katanya, ASI eksklusif bisa memberi kekebalan tubuh ?

Jawaban :

ASI eksklusif memang akan mengurangi risiko penyakit infeksi pada bayi, karena di dalam ASI terdapat banyak zat penangkal penyakit. Namun, apabila bayi dipaparkan pada lingkungan yang infeksius, terutama oleh kuman yang tidak dikenalnya ( kuman asing yang biasanya tidak ada di lingkungan sekitarnya ), kemungkinan bayi tetap bisa sakit. JAdi, pemberian ASi eksklusif bukan berarti sama sekali bisa mencegah bayi dari penyakit infeksi.

Nah Demikian sobat awanukaya.com percakapan antara client dan dokter mengenai masalah ASI Menyusut & Bayi Sering Sakit semoga bermanfaat ( Ifan21 )