Ancaman Dibalik Kegemukan Anak Awan Ukaya

Ancaman Dibalik Kegemukan Anak

Melihat anak yang bertubuh gemuk dan montok memang menggemaskan. Tapi jangan senang dulu, jika gemuk itu terus berlanjut, orang tua sebaiknya waspada. Jangan sampai si anak tumbuh dengan kelebihan berat badan.

Kelebihan Berat Badan

Kegemukan ( obesitas ) adalah kelainan yang ditandai dengan penimbunan jaringan lemak tubuh yang berlebihan. Disebut kegemukan, bila berat badan melebihi 20% dari berat normal. Untuk pedoman berat badan adalah melihat KMS ( Kartu Menuju Sehat ). selain itu, kegemukan ditandai dengan timbunan lemak pada daerah payudara, perut, dan dagu. Alat kelamin anak laki-laki seolah-olah kecil. Paha dan lengan atas besar, jari-jari tangan relatif kecil dan runcing. Anak pun menjadi kurang lincah dan cenderung malas. Umumnya kegemukan pada anak diakibatkan oleh konsumsi kalori yang melebihi kebutuhan tubuh yang telah berlangsung lama. Kelebihan terjadi karena makanan yang dikonsumsi tidak berimbang dengan aktivitas anak. Selain nutrisi, faktor keturunan atau genetik, dan endokrin ( hormonal ) juga berperan, seperti gangguan tiroid, atau diabetes.

Dampaknya bagi kesehatan

Hal yang mudah dialami anak yang kegemukan adalah lecet-lecet disekitar paha akibat gesekan kulit tubuhnya. Sering disertai dengan biang keringat dan jamur pada lipatan-lipatan kulit. Kegemukan juga mengakibatkan gerak anak menjadi lambat.

Anak pun dapat mengalami gangguan psikologis karena memiliki bentuk tubuh yang berbeda dengan teman-temanya. kegemukan pada anak juga akan mempengaruhi kematangan tulang. Tulang anak-anak yang kegemukan akan lebih cepat matang dan tidak berkembang mengakibatkan pertambahan tinggi badan anak tidak optimal.

Anak yang sejak kecil mengalami kegemukan dapat berlanjut hingga dewasa, bila tidak segera ditangani. Ini sangat merugikan, karena kegemukan sejak anak-anak pun sudah menimbulkan beberapa kelainan, seperti meningkatkan kadar kolesterol dan gula darah. Akibatnya, anak kelak kemungkinan menderita penyakit jantung, atau diabetes. Bila anak anda memiliki tanda-tanda kegemukan, konsultasikan dengan dokter. Konsultasi diperlukan untuk memantau berat badan anak dan mengatur makanannya, seperti memperkecil porsi makannya, mengurangi cemilan tinggi kalori dan lemak.