Amandel Bandel Awan Ukaya

Amandel Bandel

Apa Sih sebenarnya amandel itu ? “Tonsil, yang populer dengan sebutan amandel, adalah jaringan kelenjar getah bening yang terletak pada sisi kiri dan kanan tenggorok di dalam rongga mulut. Selain amandel, adenoid, yang letaknya di tenggorok bagian atas, juga merupakan jadingan kelenjar getah bening,” Kata Dr. Ronny Suwento, Sp. THT, dari Sub Dep. Telinga, hidung, tenggorok ( THT ) komunitas, Departemen THT FKUI ? RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Sebetlunya tonsil dan adenoid yang berguna untuk menyaring bakteri agar tidak langsung masuk ke paru-paru ini ketika dalam keadaan normal dan tidak membesar tidak akan menggangu kesehatan anak.

Masalah timbul jika tonsil dan adnoid itu terlalu sering harus menangkal bakteri dan virus, shingga keduanya malah mengalami infeksi. Infeksi itulah yang akan menyebabkan radang pada amandel, yang disebut sebagai tonsilitis.

Kenali Gejalanya

– Nyeri saat menelan, sehingga anak tidak mau makan.

– Kadang-kadang disertai mual dan muntah.

– demam.

– Sulit bernapas ( ngrokok ), karena amandel menghambat jalan pernapasan.

– Sakit kepala

– Napas dan Mulut Berbau.

– Sakit Telinga.

Kalau amandel sudah terlanjur meradang, dokter biasanya akan memberikan pengobatan untuk mencegah terjadinya komplikasi.

Menurut Dr. Ronny, ada beberapa jenis bakteri streptokokus yang selain menyebabkan terjadinya tonsilitis, juga menyebabkan terjadinya peradangan pada ginjal ( nephritis ) atau demam rematik.

Lama pemberian antibiotika untuk membunuh bakteri biasanya sampai 10 hari. Jangan buru-buru menghentikan pemberian antibiotika, walau si kecil mengatakan sudah merasa agak nyaman. Selain itu, anak-anak biasanya juga diberi obat pereda demam, serta penghilang nyeri.