Aktivitas sehari-hari merangsang otak anak Awan Ukaya

Aktivitas sehari-hari merangsang otak anak

Anak-anak memang hebat dalam meniru, sebab meniru merupakan satu cara melatih otak. Untuk memaksimalkan latihan otaknya, berilah contoh aktivitas dalam kegiatan sehari-hari yang merangsang kemampuan otaknya, seperti:

  1. Eksplorasi lingkungan sekitar
  2. Ajaklah si kecil melihat dunia sekitar sebagai objek untuk dieksplorasi. Daun-daun kering misalnya, dapat dikumpulkan dan ditempelkan ke dalam sebuah buku. Sambil melakukannya, hitunglah daun-daun tersebut. Si kecil akan melihat dan mencoba meniru.
  3. Melakukan gerakan sederhana
    Ketika makan, si kecil memperhatikan bagaimana cara Anda menggunakan sendok. Jangan kaget bila suatu hari ia berusaha menyuapi Anda. Ia memang meniru gerakan tersebut. Perbanyaklah gerakan sederhana seperti ini, misalnya melambaikan tangan, memberi ciuman, dan sebagainya.
  4. Bermain saling meniru gerakan.
    Permainan ini bisa dilakukan bila Anda merasa bahwa si kecil sudah bosan dengan mainannya. Bila ia melakukan suatu gerakan, tirulah gerakan itu. Lakukan berulang-ulang agar ia mengerti dan tertawa, dan nanti giliran ia yang akan mengikuti gerakan Anda.
  5. Mengucapkankata-kata.
    Si kecil (balita) akan senang mengulang kata-kata yang Anda ajarkan padanya. Mulailah dari kata-kata yang simpel seperti Mama, Papa, mamam, dan sebagainya, supaya ia bisa mengasah kosa katanya.
  6. Melakukan sesuatu untuk orang lain
    Kegemaran meniru juga bisa lakukan untuk melatih keterampilan bersosialisasi. Ajarkan anak untuk melakukan sesuatu bagi orang lain, misalnya mengambilkan sesuatu, bermain tanpa curang, mengucapkan “terima kasih”, “halo”, dan “selamat tinggal”, menengok kerabat yang sakit, atau menghibur orang lain yang sedih.