vitamin di dalam kulit Awan Ukaya

vitamin di dalam kulit

memiliki kulit yang sensitif sangatlah tidak enak bila di pandang oleh orang, maka dari itu rawatlah kulit dengan sebaiknya supaya dalam tubuh bisa memiliki gizi yang maksimal. Jika Anda ingin memperoleh vitamin yang optimal untuk kulit, konsumsilah makanan segat secara bervariasi. Dengan begini, Anda bisa memastikan semua zat gizi yang diperlukan kulit akan Anda peroleh tanpa ketakutan kelebihan vitamin. Sebab, vitamin yang diperoleh dari sumber alami tak akan menumpuk berlebihan di tubuh. Hampir semua vitamin punya manfaat tertentu bagi kulit. Mau tahu apa saja?

Vitamin A
Bisa di dapat dari ubi jalar, hati, telur dan susu. Untuk variasi, bisa saja Anda konsumsi buah-buahan yang berwarna jingga dan kuning, seperti mangga, jeruk bali, tomat, asparagus serta sayuran hijau berdaun seperti bayam dan brokoli. Vitamin A sanagat penting karena kandungan antioksidannya yang membantu mengurangi resiko penyakit tertentu termasuk kanker. Antioksidan juga membantu mencegah infeksi serta mendukung pertumbuhan dan perbaikan sel-sel, jaringan serta kulit.

Vitamin B Kompleks (riboflavin, niacin, B-6, B-12 dan biotin)
Paling banyak terkandung di whole grain dan sereal whole grain, juga produk-produk sereal serta biji-bijian yang diperkaya. Jika tidak terlalu suka sereal Anda bisa juga mendapatkan vitamin ini pada beras, oatmeal, biji bunga matahari, ikan, telur, hati dan produk susu rendah lemak. Vitamin B Klompeks berguna untuk mengurangi rasa kering dan gatal di kulit serta mengurangi stres. Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan kulit kering, mengelupas dan sensitif. Riboflavin atau vitamin B-2 juga dapat ditemukan di daging, kacang-kacangan dan sayuran hijau berdaun. Sedangkan niacin dapat pula diperoleh dari unggas, ikan, daging sapi, mentega kacang dan polong-polongan. Sebaiknya Anda memperoleh asupan niacin dari konsumsi makanan. Sebab asupan berlebihan ( biasanya akibat suplemen) dapat menyebabkan kulit memerah, gatal-gatal dan kerusakan hati.

Vitamin

kandungan vitamin C terbaik ditemukan di buah-buahan sitrus, buah beri, paprika merah dan brokoli. Tetapi ternyata hanya di jeruk., vitamin C juga bisa didapat dari kentang, bawang putih, bawang bombay, sayur hijau atau hijau gelap  berdaun (bayam), apel, kubis, kecambah dan melon. Vitamin C penting karena kandungan antioksidannya, juga efek antihistamin, dapat mencegah infeksi kulit dan menyembuhkan luka, memproduksi kolagen dan elastin untuk mengencangkan kulit, mendukung gusi yang sehat dan pembuluh darah yang lentur. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gigi goyah, gusi bengkak, pendarahan berlebihan dan luka yang tidak sembuh-sembuh.

Vitamin E
Vitamin yang sering disebut-sebut sangat penting untuk kulit ini bisa ditemui di sayuran hijau berdaun, brikoli, ingyak serta kacang-kacangan seperti almond dan hazelnut. Tidak hanya itu, vitamin E juga dikandung oleh kacang tanah, paprika merah, buah zaitun, beras merah, apel, whole grain, ubi jalar dan polong-polongan. Vitamin E dapat menngurangi risiko penyakit dengan kandungan antioksidannya, memerangi kerusakan akibat zat radikal bebas dan berpotensi untuk mrmperlambat penuaan.