A – Z Seputar Kehamilan ( 7 ) Awan Ukaya

A – Z Seputar Kehamilan ( 7 )

Artikel ini kelanjutan dari artikel A-Z Seputar Kehamilan ( 6 ), Nah buat sobat awanukaya.com yang belum membaca artikel sebelumnya bisa deh baca dulu artikel sebelumnya dengan cara KLIK DISINI

Nah langsung saja ya sobat awanukaya.com mari kita lanjutkan artikel mengenai A-Z Seputar Kehamilan ini.

Panas Lambung (heartburn)

Dada yang serasa ‘terbakar’ dan mulut yang terasa asam biasanya disebabkan melunaknya otot lingkar ( sphincter ) yang menutup perut, dan tekanan dari janin yang terus membesar sementara kapasitas ruang dalam perut sangat terbatas. Gangguan ini umumnya terjadi pada pertengahan atau akhir kehamilan. Meski diduga disebabkan oleh hormon, biasanya gangguan ini disertai keluarnya air liur yang berlebihan. Untuk itu, makanlah dalam porsi kecil, perbanyak frekuensi makan. Hindari makanan yang berbumbu atau berlemak. Coba netralisir kadar asam yang ada dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung alkalin seperti susu atau yoghurt. Jangan membungkuk atau tengkurap setelah makan, melainkan sangga tubuh dengan tumpukan bantal. Bila perlu, dokter akan memberi obat penetralisir atau obat asam lambung.

Progesteron

Progesteron adalah salah satu hormon kesuburan wanita. Pada setiap daur haid, indung telur melepas dua macam hormon, yakni estrogen dan progesteron. Selama setengah pertama daur haid, estrogenakan membentuk endometrium ( selaput lendir dalam rahim ) atau dinding rahim. Setelah ovaluasi ( pengeluaran sel telur matang dari indung telur ), giliran progesteron yang menjalankan tugas untuk mempersiapkan dinding rahim untuk ditempati sel telur yang telah dibuahi. Jika tidak adal sel telur yang dibuahi, indung telur akan berhenti memproduksi hormon progesteron. Kira-kira 14 hari setelah masa subur, haid datang lagi. Hormon ini juga berfungsi mempertahankan kehamilan dengan cara mengurangi kontraksi rahim.

Baca Artikel terakhir mengenai A-Z Seputar Kehamilan ini, anda ingin melanjutkan artikel ini KLIK DISINI