7 Tanda anak sehat Awan Ukaya

7 Tanda anak sehat

Dunia anak merupakan dunia imajinasi yang sangat menyenangkan. Mereka bebas berbicara dan melakukan sesuatu yang menurut mereka itu menyenangkan. Hal ini tentu bisa dilakukan oleh anak anda pula bila ia memiliki tubuh yang sehat. Berikut 7 tanda anak sehat:

  1. Bahagia dan Responsif. Ketika diajak bicara, si kecil menunjukkan kontak mata yang responsif. Banyak pakar pekembangan mengatakan, kecerdasan anak antara lain bisa dilihat dari kontak matanya yang responsif. Untuk menstimulasinya, ajak anak bicara setiap ada kesempatan. Baik ketika memberi makan. Bermain atau ketika diajak bepergian. Biasakan bicara dengan melihat mata si kecil.
  2. Rambut tidak mudah rontok dan kusam. Ini bukan masalah rambut tipis, karena tebal atau tipis rambut biasanya sudah bawaan. Tapi, jangan abaikan bila rambut si kecil mudah rontok dan tampak kusam. Bisa jadi dia kekurangan zat gizi tertentu, seperti vitamin B kompleks dan mineral seng (zinc). Sebaliknya, dengan rambut mengilap dan kuat, menunjukkan bahwa si kecil cukup gizi, serta kebersihan rambut dan kulit kepalanya terjaga.
  3. Gigi cemerlang. Senyum si kecil yang menggemaskan antara lain karena giginya tumbuh dengan baik, sesuai waktunya. Jika di usia setahun gigi pertamanya belum juga tumbuh, bisa jadi si kecil kekurangan kalsium. Tak perlu menunggu si kecil sakit gigi, sebaliknya biasakan ke dokter gigi 6 bulan sekali untuk pemaliharaan.
  4. Gusi merah muda, tak mudah berdarah. Kalau gusi si kecil mudah berdarah, ada kemungkinan dia mengalami defisiensi (kekurangan) vitamin C. Gusi dan gigi yang sehat dan terawat juga membuat mulut si kecil tak bau busuk.
  5. Kulit bersih, dan jika terjadi luka mudah sembuh. Kesehatan, termasuk kulit, memang dimulai dengan kebersihan. Dalam kondisi sehat, sel-sel kulit juga jadi lebih cepat memperbaiki diri ketika terjadi luka.
  6. Kuku merah muda (tidak pucat) dan tidak rapuh. Ini menunjukkan bahwa si kecil tidak mengalami anemia (kekurangan sel darah merah) dan tidak kekurangan mineral kalsium.
  7. Suhu tubuh antara 36,5 Derajat Celsius Р37,5 Derajat Celsius. Tak perlu repot-repot setiap saat mengecek suhu si kecil dengan termometer. Kita cukup mengamati perilakunya saja. Kelincahan dan cerianya bisa jadi pertanda suhu tubuhnya normal. Jika anak tampak lesu, baru cek suhu tubuhnya. Biasanya, jika terjadi infeksi kuman penyakit, suhu tubuh si kecil akan meningkat.