Tips menghilangkan bengkak kaki Awan Ukaya

Tips menghilangkan bengkak kaki

Saat bangun pagi, kaki kita terlihat normal seperti biasanya. Tapi di sore hari mulai terlihat adanya pembengkakan di kaki dan sekitar mata kaki. Mengapa ini terjadi?

Pembengkakan pada kaki dapat terjadi sebagai akibat gaya gravitasi saat kita duduk terlalu lama. Gaya gravitasi akan menarik cairan turun ke bawah, dan berkumpul di daerah kaki dan mata kaki.

Walaupun beberapa keadaan penyakit seperti penyakit ginjal dan hati dapat disertai dengan gangguan seperti ini, tapi seseorang dengan keadaan yang normal dapat terjadi juga. Beberapa tips dapat dijalankan untuk menghilangkan pembengakakan pada kaki seperti:

1. Kurangi garam karena garam mempunyai sifat mencegah cairan keluar tubuh dan menimbunnya.

2. Berolahragalah secara teratur untuk meningkatkan sirkulasi aliran darah.

3. Kurangi kelebihan berat badan karena berat badan yang berlebih akan memperlambat sirkulasi darah dan memberikan tekanan berlebih pada pembuluh darah balik (vena).

4. Gunakan kaos kaki yang dapat memberikan tekanan dan membuat sirkulasi darah bertambah lancar. Juga mencegah cairan yang turun akibat gravitasi.

5. Hindari duduk dalam waktu yang lama.

6. Konsultasikanlah dengan dokter bila Anda sedang meminum obat-obatan tertentu, untuk mengetahui apakah obat-obatan tersebut memberikan efek samping pembengkakan pada kaki.

W7. aspadalah bila pembengkakan kaki ini menetap atau disertai gangguan-gangguan lainnya seperti sesak nafas, berat badan bertambah, air seni yang keluar sedikit atau terlihat kemerahan atau keruh, kulit dan mata terlihat kekuningan, badan terasa lemas dan lain sebagainya.