Teknologi terbaru operasi amandel Awan Ukaya

Teknologi terbaru operasi amandel

Saat seseorang anak melakukan operasi amandel, biasanya akan mengalami kesulitan makan pasca operasi, rasa nyeri dan kadang dapat terjadi perdarahan. Dan belum lagi termasuk si kecil yang tidak bisa ke sekolah selama seminggu lebih , demikian juga dengan orang tua yang menjaganya.

Cara baru telah ditemukan untuk mengatasi semua keluhan di atas. Cara ini sebenarnya telah dilakukan sejak 2 tahun yang lalu, dan kini terbukti memberi hasil yang baik.

Anak yang mengalami pembesaran tonsil (amandel) sering mempunyai keluhan mendengkur saat tidur. Karena tonsil yang membesar akan menghalangi si kecil untuk bernafas dengan bebas saat tidur, demikian juga saat si kecil bermain. Tidur yang kurang, gangguan bernafas akan membuat si kecil menjadi mudah rewel, cepat lelah dan di sekolah juga sulit menyimak pelajaran dengan baik.

Cara baru operasi amandel ini adalah dengan melakukan tonsilektomi (pengangkatan tonsil) sebagian besar, yang mana masih menyisakan sekitar 10% jaringan tonsil, dan tidak mencederai otot di sekitarnya. Dahulu dikhawatirkan, jaringan tonsil yang tersisa akan tumbuh kembali. Tetapi dari penelitian besar terhadap 900 anak terlihat hanya separuh dari 1% anak yang tonsilnya tumbuh kembali.

Dengan cara baru operasi ini, rasa nyeri pasca operasi akan sangat berkurang dan si kecil dapat segera diberi makanan seperti biasanya. Dan risiko perdarahan juga jarang sekali terjadi.