Tahap pertumbuhan gigi anak Awan Ukaya

Tahap pertumbuhan gigi anak

Pertumbuhan gigi pada anak ditandai dengan pemunculan gigi pada permukaan gusi dan diikuti dengan perubahan posisi gigi dari dalam tulang pendukung gigi untuk? menempati posisi fungsionalnya? dalam rongga mulut. Faktor apakah yang mempengaruhi pertumbuhan gigi anak?

Masa pemunculan gigi secara klinis merupakan suatu tanda pertumbuhan seorang anak dan lebih berhubungan dengan sistem pencernaannya. Proses kalsifikasi atau pematangan gigi telah dimulai ketika janin berusia 7 bulan. Gangguan gizi dan penyakit yang berkepanjangan dapat mengganggu proses kalsifikasi pada gigi susu maupun gigi permanen anak nantinya.

Pemunculan gigi?anak dimulai dari gigi bawah kemudian diikuti dengan gigi atas. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pemunculan gigi pada anak perempuan lebih cepat dibandingkan anak laki-laki. Pada anak kurus juga memperlihatkan pemunculan gigi yang lebih cepat dibandingkan dengan anak yang gemuk. Hal tersebut?dipengaruhi oleh faktor keturunan dan juga ketebalan jaringan tulang yang dapat mempengaruhi proses pemunculan gigi.

Pada umumnya, gigi susu pertama kali akan muncul pada usia 6 bulan sesudah lahir dan seluruh gigi susu selesai muncul pada usia 2,5 tahun, yang ditandai dengan gigi geraham susu kedua telah mencapai kontak dengan gigi antagonisnya. Urutan pertama gigi susu yang tumbuh adalah gigi seri bagian bawah (biasanya pada usia 6-9 bulan), kemudian disusul dengan gigi seri bagian atas. Gigi seri kedua, yaitu gigi yang?tumbuh di samping gigi seri pertama akan tumbuh saat usia 7-10 bulan. Terkadang gigi seri kedua di rahang bawah tumbuh lebih dulu sebelum gigi seri kedua di rahang atas. Lalu, satu gigi geraham depan tumbuh pada usia 16-20 bulan. Gigi taring juga mulai muncul pada usia yang sama. Gigi geraham kedua tumbuh pada usia 23-30 bulan. Pada akhirnya, akar gigi susu terbentuk sempurna pada usia 3 tahun. Kemudian,?satu per satu gigi susu itu akan tanggal dan digantikan dengan gigi permanen yang jumlahnya 32 buah, yang dimulai saat anak berusia 5-6 tahun sampai gigi geraham bungsu muncul pada usia 19-22 tahun.