siapa bilang Imunisasi itu penting? Awan Ukaya

siapa bilang Imunisasi itu penting?

Mungkin anda pernah bertanya-tanya tentang hal ini.

Mengapa setiap anak diwajibkan oleh pemerintah untuk melakukan imunisasi?

kapan harus diberikan?

mungkin anda harus menyimak ulasan dibawah

Mengapa anak perlu imunisasi?
Karena usia anak-anak merupakan usia paling rentan terhadap berbagai virus dan penyakit, maka sejak usia dini, anak perlu mendapatkan kekebalan tubuh melalui suntikan vaksin/imunisasi, untuk menghindari si kecil dari penyakit yang mungkin dapat mengakibatkan cacat dan bahkan kematian.

Bagaimana proses kekebalan itu sendiri terjadi?
Pada dasarnya kekebalan pada seseorang terbentuk dalam dua cara yaitu kekebalan pasif dan kekebalan aktif. Pada kekebalan pasif, tubuh tidak membentuk sendiri kekebalan tubuhnya. Sedangkan pada kekebalan aktif, tubuh ikut berperan dalam membentuk kekebalan. Kekebalan aktif dan pasif itu sendiri dapat berlangsung secara alami melalui dua cara, yaitu bawaan maupun didapat dari luar.

Lalu, kekebalan seperti apa yang dimiliki bayi di bulan-bulan pertamanya?
Biasanya bayi di usia 0 hingga 4 bulan, memiliki kekebalan pasif bawaan yang didapat pada zat anti yang diperoleh dari ibunya melalui plasenta. Karenanya, sampai usia 5 bulan, tubuh si kecil sanggup menahan serangan berbagai penyakit tertentu seperti campak, difteri dan beberapa penyakit lainnya. Selain kekebalan pasif bawaan, si kecil juga bisa memperoleh kekebalan yang didapat melalui pemberian serum ke dalam tubuhnya, yang biasanya terjadi dalam waktu relatif singkat, yaitu sekitar 2 sampai 3 minggu. Serum ini biasanya diberikan untuk mencegah penyakit campak, tetanus, dan lain-lain.